Jelajahi Bandung, Jangan Lupa Kunjungi 3 Wisata Budaya Ini

Kamis, 21 Februari 2019 – 04:42 WIB
Kampung adat di kawasan Leuwigajah, Cimahi. Foto: Ist (sportourism)

jpnn.com - KOTA Bandung tidak hanya memiliki coffee shop ataupun factory outlet yang diminati kalangan milenial. Banyak juga tempat wisata budaya yang patut dikunjungi.

Kebudayaan asli Sunda bisa Anda saksikan melalui berbagai pertunjukan seni budaya menarik yang digelar di sini. Inilah ke-3 tempat wisata budaya tersebut yang bisa Anda kunjungi saat berada di kota kembang ini.

BACA JUGA: Rabbit Town, Destinasi Baru di Bandung Instagramable Banget

1. Kampung Adat Cirendeu

Kampung adat di kawasan Leuwigajah, Cimahi ini, sering disebut sebagai Kampung Singkong. Hal ini disebabkan warga di sini membuat beras dari singkong, bukan dari padi seperti masyarakat Indonesia umumnya.

BACA JUGA: Silakan Dicatat, Ini 5 Rute Wisata Bus Bandros di Bandung

Alasannya bahwa singkong memiliki kadar gula yang lebih rendah daripada nasi. Singkong memang menjadi bahan utama olahan di kampung adat ini, sebagai bahan camilan lain seperti Egg Roll, simping, dan dendeng.

Seringkali pengunjung membeli oleh-oleh camilan dari bahan singkong tersebut mulai harga Rp5 ribu saja. Tak hanya itu, proses pengolahan singkong menjadi berbagai camilan ini pun bisa disaksikan oleh para pengunjung.

BACA JUGA: Bus Bandros Tambah Banyak, Liburan di Bandung Makin Asyik

Pengunjung yang datang ke kampung adat ini juga bisa sekaligus belajar sejarah dan budaya.

2. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo yang merupakan paguyuban kesenian ini resmi berdiri tahun 1966, didirikan oleh suami istri Udjo Ngalagena.

Tujuan didirikannya Saung Angklung Udjo ini adalah untuk melestarikan budaya Sunda. Banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang datang mengunjungi paguyuban yang berlokasi di Jalan Padasuka Bandung ini.

Tempat ini pun menjadi tujuan wisata budaya dan edukasi yang lengkap, karena terdapat juga arena pertunjukan, pusat kerajinan bambu, serta workshop alat musik bambu.

Pertunjukan lain yang bisa disaksikan oleh para pengunjung yaitu Bamboo Performance, demonstrasi wayang golek, angklung pemula, angklung orkestra, masal
dan Arumba.

3. Taman Budaya Dago

Tempat wisata budaya yang terletak di kawasan Bukit Dago Selatan ini telah dikenal sejak zaman kolonial Belanda.

Saat itu tempat ini sebagai tempat minum teh dan kuliner dengan nama Dago The Huis atau Rumah Teh Dago. Kini, tempat ini berubah menjadi sebuah Taman Budaya dengan nama Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat.

Pengalihan fungsi ini tentu bertujuan untuk melestarikan budaya Sunda dan membuka diri pada aspek perkembangan kesenian dan kebudayaan. Oleh karenanya, pengunjung bisa menyaksikan pertunjukan dan seni teater taman tradisional dan kontemporer khas Sunda secara terbuka.

Di sini juga terdapat galeri sebagai ruang pameran, sanggar tari, serta etalase cenderamata. Terkadang juga diadakan pertujukan Bajidoran yang menjadi tradisi setiap malam tahun baru.

Nah, bagi Anda yang berada di luar kota dan ingin mengunjungi kota ini, Anda bisa memesan tiket pesawat ke Bandung melalui website Airy. Selain menawarkan harga murah, di website Airy terdapat berbagai pilihan maskapai penerbangan untuk mengunjungi berbagai kota di seluruh Indonesia.

Salah satu maskapainya adalah maskapai citilink yang dikenal dengan harganya yang ramah di kantong. Tiket citilink ini bisa Anda pesan di website Airy melalui aplikasi di Android dan iOS dengan mudah dan murah.

Jika setelah memesan Anda ingin mengubah jadwal penerbangan atau pembatalan, tiket pesawat Citilink yang telah Anda beli bisa direfund atau direschedule.

Apalagi pembayarannya sangat fleksibel, Anda bisa melakukan pembayaran dengan cara bank transfer, kartu kredit bahkan di gerai Indomaret. Airy juga bebas dari penipuan jadi anda tak perlu khawatir. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler