Jelang Hadapi Bhayangkara dan Home United, Pelatih PSM Siapkan Dua Skema

Selasa, 23 April 2019 – 23:58 WIB
Para pemain PSM Makassar sedang berlatih. Foto: PSM Makassar

jpnn.com, MAKASSAR - Pelatih PSM, Darije Kalezic kemungkinan besar akan menyiapkan dua skema untuk menantang Bhayangkara FC di Piala Indonesia dan Home United di AFC Cup 2019.

Pasalnya dua laga penting itu hanya jeda tiga hari. PSM akan dijamu Bhayangkara pada babak 8 besar Piala Indonesia di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu, 27 April mendatang.

BACA JUGA: Persija 2 vs 3 Ceres Negros, Kans Macan Kemayoran Lolos ke Babak Selanjutnya Tipis

Kemudian 30 April, menjamu Home United pada AFC Cup di Stadion Pakansari, Bogor. Tiga hari berselang, kembali melawan Bhayangkara FC di Stadion Gelora Andi Mattalatta.

Kendati demikian, Darije bakal tetap memasang komposisi terbaiknya. Apalagi dua turnamen ini masuk dalam target manajemen PSM. Wajib meraih gelar. Tidak ada lagi alasan mengorbankan satu turnamen demi fokus turnamen lainnya.

BACA JUGA: Jamu Home United, PSM Makassar Punya Keuntungan Besar

Darije pun telah menegaskan bahwa timnya harus betul-betul mempersiapkan diri. Apalagi persaingan di fase grup AFC Cup grup H masih sangat ketat. Home United dan Kaya FC masih memiliki peluang menyalip.

Persaingan di babak 8 besar Piala Indonesia juga tak kalah sengitnya. Kali ini menghadapi tim yang jauh lebih kuat dari tim yang pernah di hadapi di Piala Indonesia sebelumnya. Dia adalah jawara Liga 1 2017, Bhayangkara FC. Merekalah yang mengandaskan mimpi PSM menjauh dari kejaran Persija di pekan terakhir Liga 1 2019.

BACA JUGA: Jelang Hadapi Persib, Kapten Borneo FC Minta Dukungan Penuh Suporter

"Kita harus menyiapkan tim dengan sangat detail. Kita tahu ada pekerjaan besar yang harus dilakukan sebelum kita memulai liga," kata Darije, Senin, 22 April.

CEO PSM, Munafri Arifuddin, menegaskan tim asuhan Darije Kalezic wajib memaksimalkan dua laga ini dengan kemenangan. Alasannya, hanya dengan kemenangan yang bisa membuka kans PSM lolos ke babak berikutnya.

"Kita sepakat, PSM tidak ada ketergantungan dengan satu orang. Bagaimana strategi bisa dimaksimalkan dengan baik. Lumrah sebuah pertandingan cukup dekat di dua turnamen sekaligus. Itulah alasannya kita memiliki pemain yang banyak dan kualitasnya setara," paparnya.

Skuat inti diyakini akan tetap diprioritaskan di turnamen AFC Cup. Sementara leg pertama melawan Bhayangkara FC akan memainkan Abdul Rahman dan Eero Markkanen yang terkena hukuman akumulasi kartu di AFC Cup. (prakiraan skema lihat grafis).

Namun pada leg kedua di Mattalatta, Darije diyakini bakal memainkan skuat terbaiknya. Hal ini juga sebagai laga terakhir sebagai persiapan sebelum kick off Liga 1, Kamis, 9 Mei nanti menghadapi PSS Sleman.

"Saya melihat PSM punya kedalaman skuat yang bagus. Punya pemain dengan kualitas setara. Jadi, seharusnya tetap bisa meraih hasil positif pada dua turnamen berbeda," yakin Legenda PSM, Syamsuddin Umar. (*)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Andik Vermansah Bertekad Bawa MU Menjuarai Piala Indonesia 2019


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler