Jelang Lebaran, Bisnis Mobil Panen

Sabtu, 18 Agustus 2012 – 13:41 WIB
JAKARTA - Bisnis mobil rental jelang hari raya Idul Fitri seperti menemui puncaknya. Terdorong kebutuhan terutama tradisi mudik, bisnis penyewaan kendaraan tahun ini mengalami peningkatan permintaan signifikan dan kenaikan harga sedikitnya 30 persen.
   
Presiden Direktur PT Serasi Autoraya, Pongky Pamungkas, mengatakan permintaan mobil rental jelang Lebaran memang sangat tinggi. Meski begitu, perusahaan yang bernaung di bawahnya yaitu Astra Rent a Car (TRAC) membatasi di angka 30 persen. "Kami harus hati-hati juga untuk memenuhi semua permintaan. Karena setelah lebaran ada banyak momen besar seperti seminar nasional dan PON (Pekan Olahraga Nasional). Biasanya kami support di kendaraannya," ujarnya kepada Jawa Pos, kemarin.

Dari total kendaraan yang dimiliki TRAC sebanyak 30 ribu unit, kata Pongky, pihaknya hanya menyediakan sekitar 5 persen saja atau setara 1.500 unit untuk kendaraan rental secara ritel termasuk untuk memenuhi permintaan jelang Lebaran. Mayoritas atau sebanyak 95 persen sudah disewa secara kontrak oleh korporasi (fleet).

Branch Manager TRAC Rental Jakarta, Teriyani, mengatakan dari 1.500 armada rental yang ada untuk ritel, hanya sebanyak 1.200 unit saja yang akan dilepas secara nasional khusus untuk menyambut momen lebaran. Jumlah tersebut mengalami kenaikan 30 persen dibandingkan momen Lebaran tahun lalu. "Kami memang membatasi segitu jumlahnya. Sebanyak 1.000 unit di Jawa dan 1.200 unit secara nasional," ucapnya.

Jumlah tersebut ternyata tidak mencukupi karena sampai dengan kemarin, kata Teri, permintaan yang masuk tetap tinggi. "Mau bagaimana lagi, kami tidak bisa memenuhi semua permintaan. Bahkan misalnya kita naikkan persediaan sampai lebih dari 50 persen pun akan tetap diserap pasar. Demandnya memang sangat tinggi," tuturnya.

Permintaan mobil rental di musim Lebaran bukan hanya karena rasio tingkat kepemilikan kendaraan yang masih rendah di Indonesia. Terbukti, kata Teri, orang yang sudah memiliki kendaraan pun mendadak memilih sewa pada momen tersebut dengan berbagai pertimbangan. Terutama mengurangi resiko dan memanfaatkan layanan yang diberikan perusahaan rental. "Bukan hanya kelas Avanza atau Innova saja yang habis diserap pasar. Kami siapkan 20 unit Alphard saja habis," ungkapnya.

Meski begitu permintaan terbesar tetap dari konsumen yang belum memiliki mobil karena mungkin, kata Teri, pada hari biasa tidak terlalu membutuhkannya. Namun pada Lebaran ini mobil mendadak menjadi kebutuhan pokok.

Harga sewa di momen Lebaran juga mengalami kenaikan. TRAC mematok kenaikan harga sekitar 30 persen meskipun pihaknya menyadari di pasaran banyak pelaku rental terutama pemain ritel atau rumahan sampai menaikkan harga mendekati 100 persen. "Kami bermain di harga wajar saja. Apalagi banyak customer yang memang sudah jadi pelanggan kami," terangnya.

Sebagai contoh untuk harga sewa Toyota Avanza, TRAC menyiapkan tiga paket mulai dari paket empat hari seharga Rp 2,3 juta, paket tujuh hari seharga Rp 3,7 juta dan paket 10 hari seharga Rp 4,8 juta.

Direktur PT Adi Sarana Armada (ASSA), Jany Candra, mengatakan permintaan mobil rental pada momen Lebaran memang bisa dikatakan meningkat 100 persen. Sama seperti TRAC, perusahaan terbesar kedua rental kendaraan ini tidak bisa menyediakan kendaraan rental untuk ritel dalam jumlah banyak. "Fokus kami memang pelanggan korporasi yang memang jangka panjang," ujarnya kepada Jawa Pos, kemarin.

Dari total hampir 10.500 unit kendaraan yang dikelola ASSA, sekitar 5 persen saja yang bisa difokuskan untuk momen Lebaran ini. Perusahaan yang sedang dalam proses listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) itu juga menyiapkan paket penyewaan baik lepas kunci maupun dengan juru mudi (diriver).

Paket sewa lepas kunci, misalnya, untuk sewa tujuh hari harga ditawarkan mulai Rp 3,5 juta dan paket 10 hari harga sewa mulai Rp 4 juta. "Seperti biasa kami lengkapi dengan fasilitas perawatan di bengkel jaringan kami sebanyak 60 unit bengkel," kata Jani.(gen)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Uang Muka KPR, Bank Syariah Setara Konvensional

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler