Jelang Pemilu, Ini Pesan Wakil Ketua MPR Yandri Susanto untuk Pengurus RT-RW, Simak!

Senin, 15 Mei 2023 – 07:35 WIB
Wakil Ketua MPR Yandri Susanto (berkopiah) saat hadir di acara sosialisasi Empat Pilar MPR yang dihadiri pengurus RT-RW se-Kecamatan Petir, Kabupaten Serang, yang berlangsung di Hotel Wira Carita Pandeglang, Sabtu (13/5) malam. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, PANDEGLANG - Wakil Ketua MPR Yandri Susanto mengajak kepala desa, dan pengurus rukun tetangga (RT) maupun rukun warga (RW) senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan serta kekompakan, terlebih menjelang Pemilu 2024.

Ajakan itu disampaikan Yandri Susanto mengingat pengurus RT-RW dan kepala desa merupakan garda terdepan penjaga kerukunan dan ketentraman yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

BACA JUGA: Yandri Susanto: Ekspor Perdana Bahan Makanan untuk Haji Jadi Tonggak Sejarah Penting

Menurut Yandri, tanpa pengabdian dan keberadaan pengurus RT-RW, niscaya kurukunan dan ketentraman negara akan mudah terusik.

"Kita memang punya aparat keamanan, tetapi tanpa kehadiran pengurus RT atau RW tidak akan pernah merasa tenang," kata Yandri Susanto pada sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Hotel Wira Carita Pandeglang, Sabtu (13/5) malam.

BACA JUGA: Yandri Susanto: Pancasila Bagi Umat Islam Bukan Lagi Sesuatu yang Baru

Dia mengingatkan jelang pesta demokrasi lima tahunan yang semakin dekat, suhu politik di tanah air akan terus meningkat yang berakibat potensi ketegangan pun akan semakin tinggi.

Yandri menekankan dibutuhkan peran dan kesadaran masyarakat, khususnya pengurus RT-RW agar bisa menjaga kondusifitas lingkungan.

"Pilihan boleh beda, tapi tidak boleh ada perpecahan. Beda warna adalah lumrah," pesan Yandri.

Di masa-masa yang akan datang semakin mendekati waktu pencoblosan, menurut Yandri akan semakin banyak caleg yang datang.

Karena itu, Yandri berpesan agar mereka menerima semua caleg dengan baik dan ramah.

"Jaga keramahan selama tahun politik. Kalau ada yang datang terimalah dengan baik. Sementara soal pilihan, itu adalah urusan hati," pesannya lagi.

Yandri juga mengajak agar pengurus RT dan RW mengutamakan pengabdian dan keikhlasan dalam menjalankan tugas yang diemban.

Walau diakui Yandri, tidak jarang pengurus RT atau RW menjadi tempat berkeluh kesah dan sasaran kesalahan, meskipun mereka bukan yang melakukan maupun harus bertanggung jawab.

"Jangan pernah lelah untuk mengabdi, niatkanlah untuk ibadah agar apa yang kita dapat, bukan hanya untuk kepentingan dunia, tetapi juga urusan akhirat," kata Yandri saat memberi motivasi kepada para kepala desa dan pengurus RT/RW se Kecamatan Petir, Kabupaten Serang, Banten.

Pada kesempatan itu, Yandri menerima aspirasi juga keluhan para kepala desa dan pengurus RT-RW menyangkut kesejahteraan.

Yandri bertekad akan turut memperjuangkan agar gaji kepala desa bisa naik dari yang sekarang mereka terima sebesar Rp 3,7 juta per bulan.

Sementara itu, gaji pengurus RT/RW sebesar Rp 300 ribu per bulan dan masih harus di rapel selama 3-4 bulan.

Sebagai informasi, acara yang mengangkat tema 'Memperkokoh Kerukunan di Lingkungn Masyarakat menuju Indonesia Emas 2024' turut dihadiri Wakil Ketua II DPC APDESI Kabupaten Serang Mohamad Aopidi, dan Ketua DPK APDESI Kecamatan Petir Wahyudi. (mrk/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler