Jelang Rakor Transmigrasi 2024, Kemendes PDTT Imbau Pemda Tuntaskan RPJMN 2020-2024

Senin, 06 Mei 2024 – 12:16 WIB
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) mengimbau agar pemerintah daerah menuntaskan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2O2O-2O24. Foto dok Pegadaian

jpnn.com, MAKASSAR - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) mengimbau agar pemerintah daerah menuntaskan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2O2O—2O24, percepatan penyelesaian pertanahan, dan penatausahaan barang milik negara (BMN) dalam Pra Rapat Koordinasi Nasional (Rakor) Transmigrasi 2024 di Makassar.

Sebagai informasi, Kementerian Desa PDTT menggelar Rakor Transmigrasi 2024 di Makassar pada 5-8 Mei 2024.

BACA JUGA: BTN Raih Best Savings Bank Award 2024 di Thailand

Sebelum Rakor, Sekretaris Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi (PKTrans), Kementerian Desa PDTT, Sigit Mustofa melakukan koordinasi sebelum Rakor (Pra Rakor) yang diikuti oleh para kepala dinas yang membidangi sektor transmigrasi.

Para kepala dinas tersebut menyimak dengan seksama arahan Sekretaris Ditjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi.

BACA JUGA: Investasi 120 juta USD, Sunra Bangun Pabrik Motor Listrik Terbesar

Dalam rapat Pra Rakor tersebut, Sigit menyampaikan beberapa poin, antara lain tentang penuntasan target RPJMN 2O2O-2O24, percepatan penyelesaian pertanahan, dan penatausahaan Barang Milik Negara (BMN).

Sigit menyampaikan baru saja terbit regulasi baru, yaitu PP No. 19 Tahun 2024 tentang Ketransmigrasian.

BACA JUGA: Deteksi Dini Penyebaran Radikalisme, BNPT Gandeng Kemendes PDTT Sukseskan Desa Siap Siaga

Beleid nantinya akan menjadi modal penting bagi upaya pembangunan dan pengembangan transmigrasi modern ke depan.

"Kami mengimbau dan mengingatkan kepada seluruh satuan kerja yang mendapatkan dana tugas pembantuan dan dekonsentrasi pada kegiatan ketransmigrasian pada tahun 2024 agar segera melakukan percepatan proses pengadaan barang dan jasa dan menyusun Rencana Pembangunan Daerah (RPD) untuk percepatan realisasi anggaran," ujar Sigit.

Pra-Rakor ini merupakan rangkaian acara Rakor Transmigrasi 2024 yang digelar di Makassar pada 5-8 Mei 2O24.

Rakor direncanakan akan dibuka langsung oleh Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar pada hari ini, Senin (6/5).

Rapat Koordinasi Nasional Transmigrasi 2024 mengambil tema “Penuntasan Sasaran Program RPJMN 2O2O-2O24: Mewujudkan Kawasan Transmigrasi Mandiri dan Berdaya Saing”.

Sigit menuturkan, beberapa tujuan Rakor Transmigrasi 2024, yaitu mengonsolidasikan kinerja lintas instansi dalam menuntaskan target RPJMN 2O2O-2O24, menyinkronisasikan rencana revitalisasi kawasan dengan kebutuhan pengembangan dan arah kebijakan dari daerah, dan menggali peluang pengembangan transmigrasi modern terkait dengan alternatif pembiayaan perumahan dan pengembangan ekonomi perikanan.

Selain Kementerian Desa PDTT, Rakor Transmigrasi 2024 juga menghadirkan narasumber lintas kementerian/lembaga antara lain Deputi Pengembangan Regional, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.

Kemudian Dirjen Penataan Agraria, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional; Dirjen Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat; dan Dirjen Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan. Diskusi ini dimoderatori oleh Asisten Deputi Bidang Pembangunan Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Sekretariat Kabinet RI.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler