Jembatan Permanen Mendesak

Minggu, 26 Februari 2012 – 11:15 WIB

BOGOR--Pemkot Bogor didesak memperbaiki jembatan bambu yang putus akibat diterjang banjir Sungai Cisadane yang menghubungkan Kampung Legokmuncang Kelurahan Pamoyanan dan Kampung Bojong, Kelurahan Cipaku, Kecamatan Bogor Selatan. Meski dibangun secara swadaya, masyarakat sangat membutuhkannya agar aktivitas mereka tidak terhambat.

Apalagi, pasca putusnya jembatan di Ciampea, pemkot mulai memerhatikan kondisi jembatan di tiap wilayah, khususnya di tengah pemukiman penduduk agar tidak jatuh korban. Anggota DPRD Kota Bogor dapil Bogor Selatan, Maman Herman mengaku prihatin akan hal itu. Karena, masyarakat sangat membutuhkan keberadaan jembatan tersebut sebagai jalur lalu lintas perekonomian mereka. “Pemkot harus membantu warga dengan membangun jembatan permanen di sana,” ujarnya kepada Radar Bogor (Group JPNN).

Menurut Maman, perbaikan jembatan mutlak diperlukan mengingat warga harus memutar arah lebih jauh lagi untuk menuju kelurahan lain. Bahkan, jembatan tersebut kerap rusak karena hanya dibuat menggunakan bambu. “Inisiatif warga yang membangun jembatan karena harus memutar jauh cukup logis. Seharusnya ini diapresiasi pemkot,” imbuhnya.

Politisi Partai Demokrat ini meminta agar instansi terkait datang untuk melakukan pengecekan kondisi di sana. Apakah perlu dibuat jembatan permanen atau tidak, dan harus jelas penggunaan anggarannya berasal dari mana.

“Yang penting harus melihat dulu apakah jembatan tersebut mampu meningkatkan perekonomian warga sekitar. Jika dibandingkan harus menggunakan angkutan umum untuk menuju wilayah lain,” tandasnya.

Sementara itu, Camat Bosel Dadang Abdurrahman mengaku, sudah menghubungi Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bogor agar meninjau jembatan tersebut. Namun, belum bisa disimpulkan apakah harus dibangun jembatan baru atau dibiarkan begitu saja.

“Sebelum dibangun perlu diukur dulu secara teknis dengan ketinggian air sungai. Artinya, perlu dilihat dulu fungsinya bagaimana karena di sana sebenarnya tidak bisa dibangun jembatan,” pungkasnya.(rur/cr2)
BACA ARTIKEL LAINNYA... MA Tolak Kasasi Wabup Mesuji Terpilih


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler