Jembatan Terpanjang di Riau Diresmikan

Sabtu, 15 Desember 2012 – 08:56 WIB
SIAK--Seluruh akses kabupaten/kota di Riau telah terhubungi satu sama dengan lainnya baik itu melalui jalan, jembatan dan roro. Pemenuhan terhadap akses ini merupakan azam dan komitmen Pemprov dalam memajukan infrastruktur. Akses penghubung yang telah dibangun menjadikan Riau bebas dari isolir terutama daerah yang berada di wilayah pesisir.

“Ini merupakan jalinan satu kesatuan dalam mengejar ketertinggalan,” kata Gubernur Riau HM Rusli Zainal di sela-sela peresmian jembatan Sultan Abdul Jalil Rachmadysah (SAJR), Jumat (14/12) di Desa Sungai Tengah kecamatan Sabak Auh.

Hadir dalam peresmian itu; bupati Siak Drs H Syamsuar MSi, wakil bupati Drs H Alfedri MSi, Sekda Drs H Amzar, ketua DPRD Siak Zulfi Murshal SH, bupati Bengkalis Ir Herliyan Saleh MSc, wakil bupati Kepulauan Meranti Nasrul Kasmy, Danrem 031 Wira Bima Brigjen Teguh Rahardjo, Kejati Riau Edi Rakamto SH MH, Danlanal Kolonel Budi Purwanto,  Direktur Bina Marga Kementrian PU Harry Faza, unsure Muspida Pemprov Riau dan kabupaten Siak.

Kata Rusli, jembatan SAJR ini merupakan jembatan yang memiliki nilai strategis tak hanya Siak,namun juga kabupaten tetangga, sebab akses jembatan ini memberikan kemudahan dan manfaat besar bagi masyarat.

Adanya jembatan ini tetntunya spirit baru bagi kemajuan Siak dalam peningkatan infratsruktur dan perekonomian bagi kemajuan daerah. Sekad ini Pemprov terus mengupayakan untuk peningkatan infrastruktur yang ada di daerah melalui sharing budget dengan kabupaten setempat.

Untuk jembatan sendiri lanjut dia, dari catatan Pemprov sampai saat ini sudah ada sepiluh buah jembatan yang di bangun, tinggal dua dalam proses penyelesaian, yaitu jembatan Siak IV yang dijadwalkan 2013 selesai, dan jembatan Pedamaran di Rokan Hilir. Bahkan Pemprov juga telah menyiapkan rencana besar untuk membangun jembantan pnghubung Dumai-Selat Melaka yang telah mendapat respons positif dari Presiden SBY dan telah disetujui Kemenhub.

Tak hanya itu, bagi daerah-daerah antar pulau sudah tersedia roro penyebarangan, sehingga memudahkan akses masyarakat ke luar. Baru-baru ini di Kepualua Meranti sudah diresmikan pengoperasian roro yang menghubungkan Kampung Balak Meranti dengan Tanjung Buton Siak, kemudian di Bengkalis sudah berjalan, dan pada akhirnya tak ada lagi keterisolasiran akses bagi kabupaten/kota.

Rangkaian dalam menghubungkan kokeksivitas antar daerah memberikan spirit dalam mengejar ketertinggalan dan memacu pertembuhan ekonomi daerah tempatan, tinggal lagi Pemda setempat memanage peluang ini untuk menata kemajuannya. Jalinan penghubung yang diakukan ini tentnya harus ditindaklanjuti oleh Pemda setempat untuk melakukan peningkatan akses di wiayahnya sehingga akan terjadi satu kesatuan yang terhubung satu dengan lainnya.

Hadirnya jembatan SAJR ini secara tak langsung dapat menunjang perekonomian masyarakat yang nantinya berimpikasi pada kemajuan daerah, sebab jembatan merupakan factor pendukung dalam kemajuan daerah khusunya Siak, apalagi dari jembatan ini merupakan akses menuju kawasan industry buton . “Saya minta Pak bupati manfaatkan peluang ini,” kata dia.

Senada, bupati Siak Drs H Syamsuar MSi menambahkan,  ketersediaan infrastruktur, merupakan salah satu faktor penentu daya saing bagi setiap daerah. Semakin banyak ketersediaan infrastruktur yang berkualitas maka semakin tinggi pula nilai daya saing suatu daerah, sehingga semakin besar pula peluang untuk menarik investasi ke daerah tersebut.   

“Infrastruktur jembatan ini motor pendorong pertumbuhan ekonomi daerah,  melalui kebijakan dan komitmen pembangunan infrastruktur yang tepat, akan dapat membantu mengurangi masalah kemiskinan, mengatasi persoalan kesenjangan antar kawasan maupun antar wilayah, yang pada gilirannya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata dia.

Secara tidak langsung pembangunan infrastruktur mempunyai manfaat untuk peningkatan taraf hidup masyarakat, karena semenjak tahap konstruksi telah dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekaligus menggerakkan sektor riil, serta membangkitkan berbagai  multiplier ekonomi.(aal)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Mantan Bupati Bakal Dijemput Paksa

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler