Jenazah Nakes Korban Kekerasan KKB Dievakuasi dengan Helikopter Penerbad

Selasa, 21 September 2021 – 12:13 WIB
Helikopter TNI AD jenis Bell (ANTARA FOTO/Zainuddin MN)

jpnn.com, JAYAPURA - Jenazah tenaga kesehatan yang menjadi korban kekerasan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Gabriela Meilan dievakuasi dari Kiwirok, Kabupaten Bintang, Papua. 

Evakuasi korban yang meninggal akibat dianaya KKB itu menggunakan helikopter jenis Bell milik Penerbangan Tentara Nasional Angkatan Darat (Penerbad). 

BACA JUGA: Menkes Berbelasungkawa atas Wafatnya Nakes Akibat Kekerasan KKB

Komandan Komando Resor Militer 172/Praja Wira Yakthi Brigadir Jenderal Izak Pangemanan berharap evakuasi jenazah Gabriela Meilan berjalan lancar. 

"Mudah-mudahan evakuasi jenazah Gabriela berjalan lancar tanpa gangguan berarti," kata Brigjen TNI Izak Pangemanan kepada Antara di Jayapura, Selasa (21/9). 

BACA JUGA: Netty PKS Minta Pemerintah Usut Tuntas Kekerasan KKB terhadap Nakes

Izak mengatakan selain melakukan evakuasi terhadap jenazah, pihaknya juga akan mengevakuasi warga sipil lainnya. Sebanyak 19 orang warga sipil diperkirakan masih ada di Kiwirok.

“Jenazah Gabriela Meilan dievakuasi dari jurang Jumat (17/9), namun karena ada masalah mesin menyebabkan helikopter Caracal milik TNI-AU tidak bisa kembali dan melakukan evakuasi,” tambah Brigjen TNI Izak Pangemanan.

BACA JUGA: Begini Kondisi Terkini Empat Nakes yang Dianiaya KKB di Papua

Dia pun menegaskan bahwa saat ini di Kiwirok sudah ada penguatan TNI dan Polri. 

 Kontak tembak KKB pimpinan Lamek Taplo dengan TNI dan Polri terjadi sejak Senin (13/9). 

Selain baku tembak, KKB yang dibantu oknum warga setempat menyerang tenaga kesehatan dan melakukan pembakaran fasilitas umum.

"Kami mengenal mereka yang membakar dan menyerang dengan panah dan senjata tajam karena sehari-hari sering bertemu, " ungkap para nakes yang hingga kini masih dirawat di RS Marthen Indey Jayapura. 

Empat nakes yang masih dirawat, yakni dr. Restu Pamanggi, Katrianti Tandila, Emanuel Abi, dan Kristina Sampe Tonapa. (antara/jpnn) 

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler