Jenderal Andika Kepada Irjen Fadil Imran: Saya Pasti Mendukung

Senin, 07 Maret 2022 – 10:42 WIB
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Foto: tangkapan layar pada akun Jenderal TNI Andika Perkasa di YouTube.

jpnn.com, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa meyampaikan komitmen TNI untuk membantu dan mendukung Polri, termasuk Polda Metro Jaya, dalam mengantisipasi tantangan keamanan yang meningkat pada 2022. 

Penegasan itu disampaikan Jenderal Andika saat menerima kedatangan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di Jakarta beberapa waktu lalu. 

BACA JUGA: Puji Komandan Sesko TNI, Jenderal Andika: Ini Memberikan Gairah Hidup Buat Perwira

“Saya, sih, pasti mendukung,” tegas Jenderal Andika kepada Irjen Fadil Imran sebagaimana disiarkan kanal Jenderal TNI Andika Perkasa di YouTube, Minggu (6/3). 

Mantan Panglima Kostrad itu menegaskan bahwa alasannya mendukung bukan hanya dirinya patuh terhadap hukum yang berlaku. 

BACA JUGA: Seragam Baru TNI AD, Dirancang Jenderal Andika, Disempurnakan di Era Dudung Abdurachman 

“Memang disiplin soal kewenangan segala macam itu harus kita pegang. Pemahaman lebih dalam masing masing punya kesulitan sehingga dari awal kami sangat supporting,” ungkapnya. 

Sementara, Irjen Fadil dalam pertemuan itu menyampaikan kemungkinan tantangan keamanan pada 2022 akan meningkat sehingga Polda Metro Jaya membutuhkan bantuan TNI untuk memastikan wilayah ibu kota negara dan daerah sekitarnya tetap aman dan tertib.

BACA JUGA: Panglima TNI Jenderal Andika: Langsung Ditransfer ke Rekening Prajurit

“Masif kalau di Jakarta, Panglima. Kalau hanya kekuatan kami saja, tak terbantu. Agenda 2022 ini sudah meriah,” kata Irjen Fadil.

Jenderal bintang dua ini juga melaporkan perkembangan kasus penusukan seorang prajurit TNI yang ditusuk sampai tewas oleh sejumlah orang di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.

Menurut Fadli, masih ada satu dari total enam pelaku yang belum tertangkap. Peran pelaku yang belum tertangkap itu, kata Fadil, tidak signifikan.  Walaupun demikian, kepolisian masih terus mencari keberadaan pelaku yang belum tertangkap itu.

Seusai mendengar laporan itu, Jenderal Andika meminta Irjen Fadil terus memberi informasi terkait perkembangan kasus tersebut. Jenderal bintang empat ini juga menyampaikan harapannya supaya para pelaku yang menusuk prajurit TNI sampai tewas dapat dihukum seberat-beratnya.

TNI di bawah kepemimpinan Andika Perkasa terus memelihara sinergi bersama Polri terutama dalam menjaga keamanan dan ketertiban di dalam negeri, termasuk dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

Kerja sama erat TNI dan Polri tidak hanya terlihat dari berbagai satuan tugas gabungan, tetapi juga pada bidang pendidikan serta pelatihan prajurit dan polisi, sampai pada urusan rapat koordinasi pimpinan. TNI dan Polri rutin menggelar Rapat Pimpinan bersama-sama tiap tahunnya.

Dalam kegiatan Rapim TNI Polri tahun ini yang digelar pada awal Maret 2022 di Mabes TNI, Jakarta, Presiden Joko Widodo memberi arahan secara langsung ke petinggi TNI dan Polri.

Tidak hanya Presiden Jokowi, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Ketua DPR RI Puan Maharani juga memberi pembekalan dan arahan kepada para petinggi TNI dan Polri. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler