Jenderal Listyo Sigit Menemui Para Keturunan Rasulullah SAW, Politikus PKS Bilang Begini

Senin, 01 Februari 2021 – 11:50 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat bersilaturahmi ke Rabithah Alawiyah. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Setelah dilantik sebagai kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melakukan serangkaian kunjungan silaturahmi ke sejumlah ormas keagamaan, termasuk Rabithah Alawiyah.

Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Aboebakar Alhabsyi menilai Listyo Sigit Prabowo sebagai sosok yang sangat jeli dengan langkahnya bersilaturahmi dengan Rabithah Alawiyah.

BACA JUGA: Listyo Sigit: Kami Tidak Berani ke Mana-mana sebelum Bertemu dengan Pak Kiai

"Dia (Listyo Sigit) bisa memetakan dengan baik bagaimana situasi sosiologi masyarakat Indonesia. Memilih untuk bersilaturahim ke Rabithah Alawiyah pada awal masa jabatannya adalah langkah yang cukup taktis," kata Habib Aboebakar sapaan akrabnya dalam pernyataan tertulis di Jakarta, Senin (2/1).

Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melakukan silaturahmi ke sejumlah ormas Islam, sehari setelah dilantik sebagai Kapolri oleh Presiden Joko Widodo, pada Rabu (27/1) lalu, mulai dari sowan ke kantor PBNU, PP Muhammadiyah, sampai menyambangi markas Rabithah Alawiyah.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Minta Polisi Penembak Laskar FPI Diadili, Pesan Rizieq, Jenderal Listyo Sigit Memohon kepada Sekuriti

Habib Aboebakar menjelaskan bahwa Rabithah Alawiyah adalah ormas yang anggotanya dzurriyah atau keturunan Rasulullah SAW sehingga banyak yang dihormati oleh masyarakat.

Hal tersebut, kata politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, menunjukkan bahwa Kapolri sangat paham tokoh-tokoh yang menjadi kunci.

BACA JUGA: KKB Menembak Mati Boni Bagau, Lantas Menulis Surat untuk TNI dan Polri

"Pesan yang disampaikan pun tepat, yaitu meminta agar Rabithah Alawiyah membantu supaya pesan kamtibmas dari kepolisian bisa tersampaikan kepada umat dengan bahasa-bahasa yang mudah dipahami," kata Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI itu

Untuk itu, Habib Aboebakar berharap langkah yang dilakukan Kapolri pada awal masa jabatannya ini akan mampu membawa sinergi antara ulama dan umara.

Menurut dia, sinergi yang baik antara ulama dan umara akan dapat memberikan perlindungan, pengayoman, pelayanan kepada masyarakat.

"Dengan demikian akan dapat dilaksanakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat secara maksimal," kata legislator dari Dapil Kalimantan Selatan (Kalsel) I tersebut. (antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler