Jepang Batal Ikut Copa America

Selasa, 05 April 2011 – 17:22 WIB
TOKYO - Dampak gempa dan tsunami Jepang begitu dahsyatTermasuk di sepak bola

BACA JUGA: Menpora: Klub Mapan Tak Perlu Dibantu

Setelah beberapa pertandingan J-League alias Liga Jepang terpaksa ditunda, belakangan keikutsertaan timnas Jepang ke Copa America pun dibatalkan.

Juara Piala Asia 2011 lalu itu sejatinya ikut berpartisipasi di Copa America 2011 Argentina
Mereka bergabung sebagai undangan

BACA JUGA: PSM Bidik Pemain ISL

Sudah tradisi di Copa America untuk membuka satu kuota tambahan untuk tim tamu dari luar Amerika Selatan.

Bahkan, tim berjuluk Samurai Biru itu sudah tergabung dalam grup A bersama Argentina, Kolombia, dan Bolivia
Sayang, karena bencana alam yang melanda Negeri Sakura itu membuat mereka harus membatalkan keikutsertaan.

Tidak ingin mengecewakan CONMEBOL alias konfederasi sepak bola Amerika Selatan sebagai pengundang, Presiden JFA alias asosiasi sepak bola Jepang, Junji Ogura, mendatangi kantor CONMEBOl di Paraguay untuk memberikan penjelasan

BACA JUGA: Pemain Cedera Bertambah, Persebaya Buru Fisioterapis

"Kami yang meminta diundang ke kejuaraan itu awalnyaNamun, kondisi itu membuat kami kesulitanTujuan saya datang adalah untuk memberikan penjelasan atas situasi yang berkembang di Jepang sekarang," kata Ogura, seperti dikutip Reuters.

Dengan begitu, kini tinggal Meksiko, tim dari luar Amerika Selatan yang bertarung di Copa AmerikaOgura sendiri telah bertemu dengan Presiden CONMEBOL Nicolas Leoz, dan kemudian Presiden AFA alias asosiasi sepak bola Argentina, Julio Grondona.

Ogura menjelaskan, sebenarnya pelatih timnas Jepang Alberto Zaccheroni, menginginkan Jepang tetap berhadapan dengan tim-tim hebat"Namun, dia mengerti bahwa tidak mungkin bisa mengirim pasukan terbaik dalam kondisi ini," kata Ogura.

Ya, sejak gempa dan tsunami mengguncang Jepang pada 11 Maret lalu, kompetisi sepak bola di Jepang terhenti totalSetidaknya, lima laga harus ditunda hingga 23 April nanti, karena cadangan listrik di Jepang sedang menipis.

Gagal tampil di Copa Amerika, sejatinya merugikan bagi Jepang yang memang membutuhkan lawan uji coba yang tangguh, sebelum bertarung pada kualifikasi Piala Dunia 2014"Kami akan mencari cara lain untuk mengatasinya," kata Ogura(ham/ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPPN Sesalkan Keputusan FIFA


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler