Jepang Mundur Lagi dari Copa America

Rabu, 18 Mei 2011 – 17:54 WIB
BUENOS AIRES - Kontestan Copa America 2011 Argentina dipastikan berkurang satu timItu menyusul pengunduran diri timnas Jepang untuk kali kedua

BACA JUGA: Del Neri Terancam, Conte Digadang

Mereka terpaksa mundur karena tragedi gempa dan tsunami yang menghantam Jepang pada Maret lalu.

Sejatinya, Jepang sudah pernah menyatakan pengunduran dirinya pada April lalu
Namun, hanya dua pekan setelah itu, mereka menarik keputusan mundur dan memastikan siap tampil

BACA JUGA: Tevez Sulit Tembus Skuad Tango

Sayang, rencana mereka gagal karena para pemain tidak dilepas klubnya.

Presiden JFA Junji Ogura kesulitan menyakinkan klub-klub Eropa yang menaungi para pemain Jepang
Mereka ogah melepas para pemain Jepang pada 1-24 Juli mendatang

BACA JUGA: Ronaldo Menuju Sepatu Emas Eropa

Sebab, Januari lalu, para pemain Jepang telah dilepas ke Piala Asia 2011.

"Dengan penuh penyesalan saya mengkomunikasikan bahwa timnas Jepang tidak bisa ambil bagian di Copa AmericaMeski klub Eropa paham akan situasi kami, tapi sebagian besar enggan melepas pemain," kata Ogura seperti dikutip situs resmi AFA.

Padahal, selama ini Jepang mengandalkan para pemain yang tampil di kompetisi Eropa sebagai tumpuannyaSeperti Makoto Hasebe (Wolfsburg), Shinji Okazaki (Stuttgart), Daisuke Matsui (Grenoble), dan Keisuke Honda (CSKA Moskow).

Selain itu, mereka juga kesulitan menggunakan tenaga pemain yang berkiprah di kompetisi lokalPenyebabnya, gempa dan tsunami Jepang membuat seluruh kompetisi di Jepang terganggu dan jadwalnya menjadi molor.

Tanpa Jepang yang mundur, maka grup 1 berkurang satu timSaat ini tinggal tuan rumah Argentina, Kolombia, dan BoliviaRencananya tuan rumah akan mencari pengganti buat Jepang"Kami tidak ingin berspekulasi dulu," kata Nestor Benitez, juru bicara pelaksana Copa America.

Menurut dia, sesegera mungkin mereka akan mengambil keputusan terbaik negara mana yang akan menggantikan JepangKosta Rika adalah salah satu kandidatnya"Kita tunggu saja hingga keputusan final keluar," kata Benitez.

Sejak 1993, Conmebol alias konfederasi sepak bola Amerika Selatan, selalu mengundang dua tim tamu dari luar konfederasi mereka untuk ikut ambil bagian di Copa AmerikaMeksiko adalah salah satu tim yang secara reguler tampil(ham)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kaka Bantah Tinggalkan Madrid


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler