Jero Wacik Usulkan Pemilu jadi Agenda Wisata

Jumat, 24 April 2009 – 22:19 WIB

JAKARTA – Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik menegaskan bahwa penyelenggaraan pemilu di Indonesia sama sekali tidak akan mempengaruhi program Visit Indonesia Year 2009 yang bertemakan 'Marine and Mice'Jero justru mengusulkan agar Pemilu dijadikan salah satu even dalam kalender wisata.

“Kalau perlu, pemilu kita jadikan sebagai salah event pariwisata politik yang secara kongrit juga dapat disaksikan dan dinikmati oleh turis manca negara,” kata Jero Wacik, kepada pers di Departeman Kebudayaan dan Pariwisata, saat mensosialisasikan enam agenda penting Depbudpar di Jakarta, Jumat (24/4).

Enam agenda penting Depbudpar tersebut antara lain adalah penyelenggaran Tour de Singkarak 2009 di Sumatera Barat yang akan berlangsung 29 April hingga 3 Mei 2009 mendatang diikuti oleh 15 negara di dunia, kata Jero Wacik.

Agenda lain adalah penyelenggaraan pertemuan Asian Development Bank (ADB) di Nusa Dua Bali yang akan diselenggarakan pada 2 sampai 5 Mei 2009, yang rencananya akan diikuti oleh 3 ribu peserta dari seluruh dunia.

Selain itu, lanjutnya, even internasional yang juga akan diselenggarakan di Indonesia adalah kegiatan Trail of Civilization 2009 yang akan diselenggarakan di Candi Borobudur, Jawa Tengah, bertepatan dengan perayaan Waisak pada tanggal 9 Mei 2009.

Setelah itu, tepatnya pada 11 hingga 15 Mei 2009, di Manado juga akan berlangsung World Ocean Conference (WOC) dan Coral Triangle Initiative Summit, yang akan diikuti oleh tuan rumah Indonesia, Malaysia, Filipina, papua Nugini, Timur Leste dan Kepulauan Solomon serta CTI Australia dan Amerika Serikat.“WOC dan CTI merupakan forum pertama di dunia yang diselenggarakan di Indonesia, tepatnya di Manado,” tegas Jero Wacik.

Pada minggu terakhir Mei 2009, imbuh Jero, juga akan berlangsung Konferensi V Komunitas Guangdong Sedunia yang diselenggarakan oleh Federasi Asosiasi Guangdong Indonesia terdiri dari 4 perkumpulan etnis yakni Konghu, Hakka, Tiociu dan Hainan

BACA JUGA: Kalah Pilpres, Golkar Perkuat Koalisi Parlemen

“Konferensi ini akan berlangsung pada 22-24 Mei 2009 di Jakarta, dihadiri sedikit oleh 2 ribu peserta dari dalam dan luar negeri,” ujar Jero Wacik.

Sedangkan pada 27 Mei 2009, di Museum Nasional Jakarta, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata akan menyematkan pin Emas Visit Indonesia kepada “the Father of Modern Marketing” Philip Kotler dan Herman Kartajaya yang lebih dikenal sebagai One of 50 Gurus who have shaped the future of marketing.

Penyematan pin Emas terhadap kedua tokoh yang dinilai berjasa dalam memasarkan pariwisata Indonesia pada setiap event komunitas marketer sedunia itu direncanakan akan disaksikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.(fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kepala Daerah Bisa Hambat Langkah SBY


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler