JF3 Kembali Hadir Mewarnai Dunia Fashion Tanah Air, Catat Tanggalnya

Jumat, 19 Juli 2024 – 10:59 WIB
JF3 Festival mode terbesar di Indonesia ini akan digelar pada 18 hingga 28 Juli di Summarecon Mall Kelapa Gading dan 26 Juli hingga 4 Agustus 2024 di Summarecon Mall Serpong. Foto: dok jf3

jpnn.com, JAKARTA - JF3 Fashion Festival 2024 kembali hadir dengan semangat baru untuk mendukung kebangkitan industri fesyen Indonesia.

Memasuki usia ke-20, JF3 telah berkontribusi nyata dan melanjutkan komitmennya untuk turut mendukung perkembangan industri mode tanah air.

BACA JUGA: Zialova Batik Sukses Bertransformasi Jadi Produsen Fashion Lokal Lewat KUR BRI

Festival mode terbesar di Indonesia ini akan digelar pada 18 hingga 28 Juli di Summarecon Mall Kelapa Gading dan 26 Juli hingga 4 Agustus 2024 di Summarecon Mall Serpong.

Soegianto Nagaria selaku Chairman JF3 mengatakan JF3  diinisiasi oleh PT Summarecon Agung untuk mendukung para pelaku usaha mode agar bisa menampilkan karyanya secara lebih profesional.

BACA JUGA: Cerita di Balik Koleksi Desainer Lia Afif dan Aura Afilia di Show JF3 

Ini menjadi dasar utama JF3 dalam membangun selama dua dekade dengan konsistensi yang tak tergoyahkan.

"Komitmen inilah yang menghasilkan konsistensi. 20 tahun bukanlah waktu yang singkat, terutama untuk sebuah festival mode. Meskipun menghadapi berbagai tantangan, seperti krisis ekonomi dan pandemi, JF3 tetap teguh melangkah. Bagi kami, pelaku industri mode harus terus bergerak maju agar visi kami untuk memajukan industri mode bisa terwujud sepenuhnya,” ujar Soegianto Nagaria di Media Center Gafoy Summarecon Mall Kelapa Gading, Kamis (18/7).

BACA JUGA: Mejeng di JF3 Fashion Show, IFS Usung Nilai Busana Betawi & Kehidupan Urban Jakarta

Soegianto menyatakan sejak  2004, JF3 telah menjadi festival mode paling berpengaruh dan konsisten diselenggarakan di Indonesia.

JF3 melibatkan berbagai pihak seperti model, seniman, fotografer, videografer, koreografer, dan desainer setting, dan masih banyak lagi pelaku industri fashion.

Hal itu untuk memberikan kesempatan bagi semua pihak untuk berkembang dan mendapatkan manfaat dari festival ini sehingga roda bisnis juga terus bergerak. dan mampu bersaing di pasar mode internasional.

Sementara Advisor JF3 Thresia Mareta menjelaskan dalam 3 tahun terakhir, JF3 telah membuat banyak perubahan, terutama untuk membawa industri ini keluar dari momok masa lalu yang sudah sangat tidak relevan dengan perkembangan masa kini.

"Oleh karena itu kami melakukan perubahan eksekusi secara detail, mulai dari pemilihan lokasi, konsep presentasi, hingga bagaimana ruang itu dibangun untuk mencapai relevansi yang dituju. Hasilnya, dalam 3 tahun terakhir ini , JF3 selalu berbeda dan menampilkan  sesuatu yang baru," tutur Thresia Mareta.

JF3 merupakan hasil kerja sama antara Summarecon dan Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Untuk penyelenggaraan di Summarecon Mall Serpong, JF3 juga didukung oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Tahun ini juga merupakan tahun ke-3 JF3  bekerja sama dengan Kedutaan Prancis di Indonesia melalui Institut Français Indonésie (IFI).

JF3 melibatkan beberapa institusi fashion tanah air seperti Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), Indonesia Fashion Chamber (IFC), Indonesian Fashion Designer Council (IFDC) dan Cita Tenun Indonesia (CTI).

Kerja sama internasional juga semakin bertambah dengan kolaborasi bersama desainer dan pakar fesyen dari Prancis, asosiasi WSN sebagai penyelenggara Paris Trade Show dan desainer dari Asia Tenggara melalui AFDS (Asean Fashion Designers Showcase).

Thresia Mareta menambahkan para pelaku industri ini sebenarnya selalu memiliki keinginan untuk mengembangkan pasar mereka seluas-luasnya hingga ke pasar global. Untuk itu melalui JF3 inilah keinginan tersebut bisa tercapai.

"Dengan kerja sama internasional yang sudah terjalin di JF3, saya berharap untuk dapat melanjutkan kerjasama ini dengan lebih banyak pihak lagi sehingga hubungan internasional yang kita cita-citakan bisa terwujud dan membuka pintu untuk perkembangan industri mode Indonesia secara luas.” tutur Thresia Mareta.

JF3 2024 akan menampilkan total 66 desainer dan brand yang akan mempresentasikan koleksi di runway yaitu brand dan desainer terkemuka dan berbakat.

Di antaranya Albert Yanuar, Andreas Odang, Danny Satriadi, Ernesto Abram, Hartono Gan, Hian Tjen, Rama Dauhan, Rinda Salmun, Tities Sapoetra, Wilsen Willim dan masih banyak lainnya.

Selain itu juga hadir beberapa brand lokal seperti Danjyo Hiyoji, Eyez On Me, Raegita Zoro, Future Loundry dan LAKON Indonesia serta lebih dari 100 brand dan UMKM mode juga siap berpartisipasi di eksibisi, JF3 juga didukung oleh total lebih dari 550 pelaku industri dalam pagelaran show termasuk model, koreografer, seniman dan pekerja seni lainnya.

JF3 Fashion Festival 2024 hadir dengan dua konsep unik di dua lokasi berbeda. Di Summarecon Mall Kelapa Gading, tema Budaya Indonesia dipadukan dengan sentuhan kelas dan seni melalui Niwasana by Fashion Village, menampilkan kerajinan tangan dan produk fesyen lokal.

Sementara itu, di Summarecon Mall Serpong, JF3 berkolaborasi dengan DRP Paris untuk menghadirkan DRP Jakarta, festival streetwear dan budaya pop ternama dari Paris yang memperluas kehadirannya pertama kali di Asia. DRP Jakarta berlangsung dari 26 Juli hingga 4 Agustus 2024.

Selain itu JF3 Model Search juga telah menggelar audisi di Bali, Yogyakarta, dan Jakarta, diikuti lebih dari 400 peserta dengan semangat yang luar biasa. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler