Jika Beristri, Lurah Tak Keluyuran Malam

Sabtu, 09 April 2011 – 02:29 WIB

JAKARTA -- Mendagri Gamawan Fauzi langsung tertawa saat dimintai komentar tentang perintah Wali Kota Medan Rahudman Harahap agar para lurah yang masih jomblo segera nikahTanpa dinyana, bukannya mengecam statemen Rahudman yang disampaikan di pendopo rumah dinas wali kota Medan Jalan Sudirman Medan itu, Gamawan malah memberikan apresiasi.

"Memang itu (soal pernikahan, red) urusan pribadi," cetus Gamawan begitu tertawanya terhenti, kepada JPNN di kantornya, Jumat (8/4)

BACA JUGA: Tiga Kandidat Sekdaprov Sumut Dibahas TPA

Lantas, mantan gubernur Sumbar yang belum lama pulang dari umroh itu, mengaku dirinya tidak mau berprasangka buruk terhadap statemen Rahudman itu.

Dia yakin, di balik statemennya itu, Rahudman punya maksud baik
"Mungkin ada back mind, ada maksud baik," ujar Gamawan

BACA JUGA: Selasa, Mendagri Lantik MRP

Apa kiranya maksud baik Rahudman itu? Gamawan menduga, paling tidak ada dua maksud baik Rahudman
Pertama, seperti diajarkan agama, pria yang sudah "mampu" harus mensegerakan pernikahan

BACA JUGA: Pengurukan Tanah Proyek PT KS Diduga Langgar Aturan

"Bila sudah berkeluarga, hidup pastinya lebih tenang," kata Gamawan.

Yang kedua, lanjut Gamawan, pria yang sudah beristri relatif lebih kerasan berada di rumah"Kalau sudah punya istri, rasanya lebih tenang, lebih betah di rumahBiar tak keluyuran di malam hari," ujar Gamawan, kali ini sembari tersenyum.

Salah seorang staf khusus mendagri, Umar Hasibuan, yang ikut mendampingi saat wawancara, ikut menyeletuk, memang ada baiknya lurah-lurah yang ada di Medan segera menikah"Karena di Medan banyak tempat hiburan malam," ujar pria yang sudah akrab dengan "suasana" Medan itu sembari tertawa.

Seperti diberitakan, Wali Kota Medan Rahudman Harahap, saat memberi arahan kepada 74 lurah se-Kota Medan yang baru dilantik, Rabu malam, mewarning lurah-lurah yang belum memiliki pasangan hidup untuk segera berumahtanggaKalau tidak, alamat akan dicopot dari jabatannya.

“Paling lambat tiga bulan dari sekarang atau bulan Juni nanti, yang belum punya istri atau suami untuk segera berumah tanggaKalau tidak maka akan saya ganti,” tegasnya di depan segenap lurah dan camat serta sejumlah pejabat di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di pendopo rumah dinas wali kota Medan Jalan Sudirman MedanSontak pernyataan ini membuat anak buahnya terdiam dan saling lirikSementara, Rahudman yang ditanya ulang terkait pernyataannya itu, tak banyak berkomentar lagi(sam/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Walikota Ancam Pecat Lurah Jomblo


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler