Jika Maju Pilkada Jateng, Kaesang Bakal Memiliki Peluang Terbesar untuk Menang?

Sabtu, 06 Juli 2024 – 20:23 WIB
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Lapangan Reformasi, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (24/1/2024). Foto: dok PSI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep memiliki peluang besar di Pilkada Jawa Tengah. Ini melihat hasil survei yang menunjukkan Kaesang unggul dibanding calon lainnya.

Direktur Eksekutif Skala Data Indonesia (SDI) Arif Nurul Imam mengatakan, Kaesang sudah memiliki cukup modal untuk maju Pilkada Jawa Tengah. Ditambah keunggulan dalam survei.

BACA JUGA: Ridwan Kamil Galau, Kaesang Gamang, Inilah Penyebabnya

Dalam Survei LSI, elektabilitas Kaesang mengungguli Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi. Di mana Kaesang memperoleh 15,9 persen, sementara Ahmad mengantongi 12,9 persen.

"Kalau dilihat dari survei, peluang Kaesang dalam Pilgub Jateng terbuka lebar," kata Arif saat dihubungi.

BACA JUGA: SMRC: Kaesang Cenderung Unggul dari Calon Lain di Jateng

Namun, dia mengingatkan, Ahmad akan menjadi lawan yang berat jika maju di Pilkada Jateng. Sementara untuk dukungan, Arif mengungkapkan, Kaesang bisa berkomunikasi dengan partai anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Tantangannya menjaga performanya, kerja politiknya dan memantau pergerakan politik tokoh potensial lainnya," tutupnya.

BACA JUGA: PDIP Pertimbangan Untuk Mengusung Kaesang bin Jokowi di Pilkada Jateng

Sebelumnya, pengamat politik dari Citra Institute Efriza menilai peluang Ketua Umum PSI di Pilkada Jawa Tengah terbilang positif. Menurutnya, Kaesang punya kans menang tinggi lantaran kepopuleran dan elektabilitas yang dimilikinya.

"Jika dilihat kepopuleran dan elektabilitas Kaesang punya peluang menang. Karena Kandang Banteng di Jawa Tengah mengalami kemerosotan, dari suara Pileg ini bisa menjadi perhitungan kekuatan dan kemenangan dari Kaesang," kata Efriza saat dihubungi wartawan.

Menurutnya, harus diakui bahwa Kaesang lebih punya kesempatan menang di Jawa Tengah ketimbang di Jakarta. Sebab, di Jawa Tengah Kaesang mendapatkan elektabilitas tinggi dan masih punya nilai positif dari masyarakat karena keluarga Jokowi.

"Kesempatan untuk menang Kaesang juga besar tetapi tentu saja ia harus bisa menyakinkan banyak partai politik untuk mendukung dirinya," ucapnya. (ant/dil/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler