JK Berjaya di Sulsel, Hatta Kalah di Sumsel

Rabu, 09 Juli 2014 – 21:36 WIB
JK Berjaya di Sulsel, Hatta Kalah di Sumsel. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kharisma Jusuf Kalla (JK) di kampungnya tak surut. Berstatus sebagai calon wakil presiden yang mendampingi Joko Widodo, JK masih perkasa di Sulawesi Selatan (Sulsel). 

Itulah gambaran yang disajikan survei CSIS Indonesia bekerja sama dengan The Cyrus Network. Survei yang memotret sebaran pemilih di 33 provinsi pada Pemilihan Presiden 2014, Rabu (9/7) menunjukkan Jokowi-JK berjaya di Sulsel. 

BACA JUGA: Poltracking tak Kecewa Surveinya tak Diumumkan di TV

Pasangan capres dan cawapres nomor urut dua, Jokowi-JK meraup suara 67,84 persen. Sementara Prabowo Subianto-Hatta Rajasa hanya meraup suara 32,16 persen. Artinya, Jokowi-JK unggul dengan selisih 35,68 persen. 

Dari temuan keunggulan Jokowi-JK yang dirilis CSIS-Cyrus, data yang sudah masuk mencapai 100 persen untuk provinsi Sulsel. 

BACA JUGA: Prabowo: Tunggu Hasil KPU

Beda JK, beda pula perolehan suara Hatta di kampungnya, Sumatera Selatan. Pengaruh Hatta ternyata tak begitu banyak menolong. Prabowo-Hatta hanya dapat meraup suara 47,78 persen. Sementara Jokowi-JK 52,22 persen khsusus untuk wilayah Sumsel.

Pada pemungutan suara, Hatta mengajak keluarganya mencoblos di kampung halamannya di Desa Jejawi, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan. Sementara Prabowo mencoblos di TPS Nomor 2 di Kampung Curug, Desa Bojongkoneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

BACA JUGA: Menangkan Jokowi, Survei Poltracking Batal Dirilis di TV

Secara nasional, data yang sudah masuk ke pusat data CSIS-Cyrus sudah mencapai 93,05 persen. Sampel diambil di 2 ribu TPS di 33 provinsi dengan metode random sampling. Tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error kurang lebih 1 persen. Jokowi-JK menang 52,1 persen sedangkan Prabowo-Hatta 47,9 persen. (awa/jpnn) 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Malam Ini Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK Temui SBY


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler