Joe Cole Kembali ke Hammers

Jumat, 04 Januari 2013 – 08:21 WIB
LIVERPOOL - Satu pemain datang, satu pemain pergi. Itulah yang terjadi di skuad Liverpool kemarin. Setelah mendatangkan Daniel Sturridge dari Chelsea, The Reds " sebutan Liverpool  melepas Joe Cole ke West Ham United. Cole kembali ke klub profesional pertamanya itu secara gratis.

Liverpool bahkan harus memberi "pesangon" GBP 4 juta (Rp 62 miliar) Cole mengingat kontraknya baru habis 30 Juni 2014. Itu merupakan pembayaran gaji setahun pemain 31 tahun tersebut. Gaji Cole ditaksir GBP 90 ribu (Rp 1,4 miliar) per pekan.

Cole sudah menjalani tes medis di West Ham kemarin. Jika The Hammers  berencana meregistrasikan nama Cole kepada FA (Asosiasi Sepak Bola Inggris) paling lambat Jumat siang waktu setempat (4/1). Itu apabila West Ham ingin memainkan Cole melawan Manchester United di babak ketiga Piala FA (5/1).

Bagi Cole, bergabung dengan West Ham berarti memupus harapan QPR yang juga tertarik meminangnya. Cole sekaligus pemain kedua yang dikirim Liverpool ke West Ham musim ini. Sebelumnya adalah striker Andy Carroll dengan status pinjaman.

Cole dilepas Liverpool tidak semata karena gagal menjadi pilihan reguler pelatih Brendan Rodgers. Sekalipun bermain 11 kali dan mengemas 2 gol, dia tisak sekalipun turun starter di liga. Tapi, pemain yang digaet Liverpool secara gratisan dari Chelsea tiga tahun lalu itu dilepas untuk mengurangi beban gaji klub.

Selain Cole, West Ham dikabarkan juga meminati eks Chelsea lainnya, Nicolas Anelka. Tapi, striker 33 tahun yang kini membela Shanghai Shenhua itu meminta bayaran terlalu mahal. Yakni, GBP 100 ribu (Rp 1,5 miliar) per pekan selama enam bulan.

"Saya menyukai pemain itu (Anelka). Permasalahannya adalah finansial. Kami hanya meminta apa yang bisa dipenuhi pemilik klub," kata pelatih West Ham Sam Allardyce kepada Daily Telegraph. (dns)

Transfer Sampai Kemarin
Pemain                    Dari                Ke               Keterangan
Daniel Sturridge       Chelsea        Liverpool     Rp 188 miliar
Demba Ba                Newcastle    Chelsea      Rp 109 miliar
Yossi Benayoun      West Ham     Chelsea      Balik dari pinjaman
Wallace                   Fluminense    Chelsea      Rp 78 miliar
Joe Cole                  Liverpool        West Ham    Gratis
Bebe                       Man United    Rio Ave       Pinjaman
Angelo Henriquez   Man United    Wigan         Pinjaman
Joshua King            Man United    Blackburn   Rp 15 miliar

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rotasi Bikin Gigit Jari

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler