Jokowi Akan Gagas Wisata Halal di Jakarta

Jumat, 28 Desember 2012 – 14:36 WIB
JAKARTA--Dalam pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga memberikan masukan terkait sektor pariwisata. MUI menilai DKI Jakarta dapat menjadi pelopor konsep wisata halal di Indonesia.

"Kami juga membicarakan mengenai Pemda DKI sebagai pintu gerbang Indonesia dalam masalah wisata halal," kata Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI, Lukman Nulhakim kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (28/12).

Sebagai provinsi yang mayoritas penduduknya beragama Islam, Pemprov DKI Jakarta harus mampu menjamin kenyamanan umat muslim. Salah satunya dengan memberikan identifikasi jelas terhadap tempat makanan yang menjual makanan halal dan sebaliknya.

Menurut Lukman Jokowi menyetujui usulan MUI tersebut dan akan segera mengambil kebijakan untuk menindaklanjutinya.

"Pak Gubernur sepakat tadi untuk mengarahkan bagaimana membuat restoran-restoran yang ada di Jakarta ini menjadi restoran halal. Bukan semuanya halal, jadi artinya teridentifikasi yang halal dengan yang tidak halal," papar Lukman.

Lukman menambahkan, selama ini baru sedikit restoran yang secara gamblang menunjukan status halalnya. Oleh karenanya MUI mengapresiasi rencana kebijakan Jokowi tersebut.

"Kita memberikan apresiasi kepada Pak Gubernur dengan sikap yang positif untk melakukan pembenahan-pembenahan dan ikut serta berperan dalam memberikan kenyamanan terhadap konsumen muslim melalui sertifikasi halal," tandas Lukman. (dil/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Jalur Puncak Ditutup, Pengusaha Hotel Cemas

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler