Jokowi Beri Kesempatan KPK Garap Komjen BG

Sabtu, 17 Januari 2015 – 01:01 WIB
Presiden Joko Widodo menunda pelantikan Kapolri. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo belum memberi kepastian kapan pelantikan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

Menurut Mensesneg, Pratikno hal tersebutkan disebabkan Jokowi ingin memberi kesempatan pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memeriksa Budi dalam kasus hukumnya.

BACA JUGA: Presiden Umumkan Harga Semen Turun, Ini Kata Menteri Rini

"Ini untuk memberikan kesempatan agar KPK memeriksa yang bersangkutan.‎ Kalau sudah ada ketetapan hukum ya sudah," ujar Pratikno di kompleks Istana Negara, Jakarta, Jumat, (16/1).

Sementara Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdijatno menyebutkan, penundaan itu tidak sampai hingga kasus Budi masuk ke ranah pengadilan. Namun, Tedjo tidak merinci kapan penundaan itu berakhir. 

BACA JUGA: Tahu Pelantikan Ditunda, Budi Gunawan Ngacir dari Istana

Tedjo mengungkap kemungkinan, Budi Gunawan bisa saja tidak terbukti bersalah. "Ini kan secara politis clear. Biar bagaimana caranya dengan KPK bisa jelaskan kelanjutannya. Tidak selalu sampai pengadilan. Kalau tidak terbukti. Kita lihatlah," ujar Tedjo.

Meski menunda, Tedjo memastikan Jokowi tetap menghargai proses politik yang sebelumnya sudah berjalan pada Budi. Seperti fit and proper test serta sidang paripurna yang meloloskan mantan ajudan Megawati Soekarnoputri tersebut. (flo/jpnn)

BACA JUGA: Honorer K2 Minta Perlakuan Khusus

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dicopot dari Kabareskrim, Suhardi Dipindah ke Lemhanas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler