Jokowi Datang Lagi ke Lokasi Gempa di Cianjur, Ingatkan Jajarannya soal Prioritas Evakuasi

Kamis, 24 November 2022 – 12:39 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyambangi lokasi terdampak gempa, yakni di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Kamis (24/11). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, CIANJUR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyambangi lokasi terdampak gempa, yakni di Jalan Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Kamis (24/11).

Pada kesempatan itu, Jokowi ingin memastikan proses evakuasi menjadi prioritas utama.

BACA JUGA: Datangi Desa di Cianjur Ini, Yenny Wahid Keluhkan Lambatnya Bantuan hingga Evakuasi Bayi

Jokowi ingin penanganan para korban yang masih tertimbun tanah longsor akibat gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11) lalu, segera dievakuasi.

Menurut presiden, saat ini masih ada 39 korban yang belum ditemukan di wilayah Kecamatan Cugenang.

BACA JUGA: Anjing K-9 Ikut Mencari Korban Gempa Cianjur, 2 Jenazah Ditemukan

"Proses evakuasi menjadi prioritas saat ini, kami konsentrasi. Dan siang ini, kami akan konsentrasi di titik ini untuk evakuasi," ujar presiden seusai meninjau lokasi terdampak gempa.

Presiden juga menjelaskan terdapat sejumlah kendala dalam melakukan evakuasi.

BACA JUGA: Dahlan Iskan Menulis Tips Membangun Rumah Tahan Gempa, Ini Penting

Mulai dari kondisi di lapangan yang curam serta masih terjadinya hujan dan gempa susulan di kawasan tersebut.

"Tetapi tadi Menteri PUPR sudah memerintahkan kepada jajarannya yang sudah terbiasa lakukan cut and fill. Saya rasa ini bisa segera dikerjakan," tutur presiden.

Selain evakuasi, eks gubernur DKI Jakarta juga ingin memastikan penyaluran logistik bagi para korban terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang dibutuhkan.

"Termasuk juga kekurangan tenda, tadi ada juga keluhan air karena memang ini titiknya banyak sehingga butuh waktu untuk mendistribusikan. Saya ingin pastikan itu semuanya segera terdistribusi," ucap Presiden.

Turut mendampingi presiden dalam kegiatan tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Kepala BNPB Suharyanto, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Pangdam III/Siliwangi Mayjen Kunto Arief Wibowo, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana, dan Bupati Cianjur Herman Suherman. (tan/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Peduli Korban Gempa di Cianjur, Ganjar Milenial Bangun Posko dan Dapur Umum


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler