Jokowi Diberi Gelar Kambepit, Panglima Perang Asmat

Jumat, 13 April 2018 – 10:19 WIB
Presiden Jokowi saat kunjungan kerja ke Kabupaten Asmat pada Kamis (12/4). Foto: Setpres

jpnn.com, ASMAT - Presiden Joko Widodo diberi gelar kebesaran dari masyarakat adat Asmat, Papua, saat kunjungan kerjanya pada Kamis (12/4).

Saat tiba di Helipad kawasan pelabuhan Laut Agats, Kabupaten Asmat, kemarin, Kamis, Presiden dan Ibu Negara Iriana disambut tarian selamat datang sekaligus dianugerahi gelar adat yang secara simbolis ditandai dengan penyerahan kayuh perahu dan noken.

BACA JUGA: Lihat, Dua Anak Suku Asmat Anteng Digendong Jokowi

PresidenJokowi diberi nama adat yang telah diputuskan dalam Musyawarah Pimpinan Lembaga Masyarakat Adat Asmat, yaitu Kambepit yang merupakan nama Panglima Perang Asmat yang berasal dari rumpun Bismania.

Bagi Suku Asmat, Panglima Perang Kambepit adalah pemimpin pemberani dan visioner yang memimpin Suku Asmat memasuki era perubahan di mana masyarakat Suku Asmat mengenal peradaban modern seperti sekarang ini.

BACA JUGA: Jokowi: Jangan Sampai Ada Keretakan di Antara Kita

Dengan pemberian nama tersebut, masyarakat adat Asmat menginginkan agar Presiden Ketujuh RI tersebut bisa menjadi Panglima Kambepit di masa kini yang memimpin mereka menuju era perubahan dan masa depan yang lebih baik.

Jokowi dalam kunjungan tersebut melihat langsung proses pembangunan di Kabupaten Asmat, pascakejadian luar biasa (KLB) campak gizi buruk beberapa bulan lalu. Presiden menilai prosesnya berjalan baik.

BACA JUGA: Ikan 99 di Kuis Sepeda Bikin Jokowi Penasaran

Pembangunan infrastruktur di Kabupaten Asmat meliputi jangka pendek maupun menengah. Baik infrastruktur air bersih, sanitasi, jembatan, perbaikan jalan kampung, bedah rumah, dan pembangunan permukiman baru.

“Saya lihat tadi semuanya, semuanya berjalan dengan baik. Kita juga membangun tampungan untuk air baku ada sembilan yang lima di Agats. Kemudian yang empat dibangun di distrik-distrik yang ada,” katanya.(fat/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Langkah Jokowi Terhenti Melihat Fotonya Terpajang di Toko


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler