Jokowi Diminta Pilih Sekda Yang Muda dan Lincah

Senin, 24 Juni 2013 – 11:42 WIB
JAKARTA - Saat ini Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tengah menyeleksi sejumlah calon Sekretaris Daerah (Sekda). Gubernur Jokowi diminta untuk memilih kandidat generasi muda sebagai sekda selanjutnya pengganti Fadjar Panjaitan.

Usulan itu disampaikan pengamat perkotaan, Yayat Supriyatna. Ia juga menyarankan agar Jokowi memilih calon sekda yang berpengalaman sebagai wali kota atau pernah membawahi bidang teknis.

"Harus yang muda, energik dan mau turun ke lapangan. Karena sekda ini harus bisa mengimbangi gaya gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta," ucap Yayat saat dihubungi wartawan, Senin (24/6).

Menurut Yayat, faktor usia menjadi pertimbangan penting dalam memilih sekda. Ia menilai, kandidat yang hampir memasuki usia pensiun akan kesulitan apabila diberi jabatan tersebut.

Selain itu pejabat tua dianggap bakal kewalahan mengikuti ritme kerja Jokowi-Ahok yang cepat. Apalagi, ada beberapa Rencana Jangka Panjang Menengah Daerah yang pelaksanaannya menggunakan mekanisme tahun jamak (multiyears).

Masih lanjut Yayat, kandidat sekda yang berpengalaman sebagai wali kota memiliki nilai tambah karena kerjanya bersentuhan langsung dengan masyarakat. Sementara kandidat yang memahami bidang teknis dianggap mampu memberi masukan yang tegas kepada pimpinannya.

"Nantinya kan yang mengatur camat dan lurah hasil seleksi tentunya Sekda. Karena itu, Sekda yang tidak punya pengalaman teknis akan kesulitan untuk itu," ucapnya.

Sebelumnya Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta menyebutkan ada 9 kandidat sekda yang tengah diseleksi. Dari seluruhnya, diantaranya telah memasuki masa pensiun yakni Sekda PLT Wyriatmoko dan Kepala BPLHD Tauchid Tjakraamidjaja. Sedangkan calon sekda termuda antara lain Kepala Dinas Pendidikan Taufik Yudhi, Kepala BPMP DKI Catur Laswanto, dan Wali Kota Jakarta Pusat Saefullah. (dil/jpnn)



Berikut daftar sembilan kandidat sekda Pemprov DKI:

1. Asisten Sekda Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup, Wiriyatmoko
2. Asisten Sekda Bidang Pemerintahan Sylviana Murni
3. Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Administrasi Hasan Basri Saleh
4. Inspektur Provinsi Franky Mangatas Panjaitan
5. Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi Catur Laswanto
6. Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Mochammad Tauchid Tjakraamidjaja
7. Kepala Dinas Pendidikan Taufik Yudi Mulyanto
8. Wali Kota Jakarta Pusat Saefullah
9. Wali Kota Jakarta Utara Bambang Sugiyono.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Belum Digaji, RT/RW Ancam Boikot Pemerintah

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler