Jokowi Dinilai Humanis, Bisa Meredam Konflik & Sejahterakan Masyarakat Papua

Rabu, 12 Oktober 2022 – 12:05 WIB
Presiden Jokowi. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, PAPUA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai berhasil meredam konflik yang ada di Tanah Papua, dengan melakukan pendekatan humanis dan mengedepankan kesejahteraan bagi masyarakat.

Kebijakan Jokowi yang mengedepankan pembangunan sumber daya manusia (SDM), hingga infrastruktur di Papua mampu meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Papua.

BACA JUGA: Dengar Lesti jadi Korban KDRT, Aurel Hermansyah Langsung Datang Tengah Malam

Hal itu terungkap dalam diskusi yang diadakan anak muda asal Papua, yang tergabung dalam Eksponen Muda Papua (EMP) wilayah Malang, Jawa Timur, Selasa (11/10).

Pengamat Ekonomi Politik yang juga aktivis Papua, Nendy Gire menjelaskan, akselerasi pembangunan infrastruktur di era Jokowi dinilai berhasil mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

BACA JUGA: Program Bansos Jokowi Dinilai Sangat Efektif Bantu Masyarakat

Hal ini karena infrastruktur yang dibangun membuat perekonomian masyarakat semakin bergeliat.

Infrastruktur yang memadai bisa mengurangi waktu tempuh perjalanan, sehingga mempercepat jalur logistik.

BACA JUGA: Le Minerale Jadi Sponsor Turnamen Internasional di Kota Malang

Menurut dia, kesejahteraan dan kemampuan mengendalikan konflik yang dilakukan Jokowi membuatnya menjadi salah satu Presiden RI yang paling banyak disukai masyarakat di Bumi Cenderawasih.

"Bagi kami warga Papua, Pak Jokowi adalah sosok yang berhasil memberikan rasa keamanan dan kenyamanan melalui pendekatan kemanusian terhadap permasalahan konflik yang mengakar di Papua," ujar Nendy.

Sementara itu, Ketua Umum Eksponen Muda Papua, Rahman Patur menyatakan, apresiasi kepada Jokowi beserta pemerintahannya yang mampu membuat Papua lebih maju, sejahtera, aman dan nyaman.

Menurut dia, pembangunan SDM yang dilakukan Jokowi telah membuat masyarakat Papua mengedepankan perdamaian ketika ada konflik.

Pembangunan SDM itu di antaranya dilakukan dengan memgembangkan sebanyak 179 sekolah dan keagamaan, serta perguruan tinggi negeri (PTN) di Papua.

Sekitar 1.000 orang lebih mahasiswa Papua merupakan lulusan dari berbagai universitas di dalam maupun luar negeri, berkat beasiswa afirmasi di era pemerintahan Jokowi.

Tahun lalu, 1.000 pemuda asli Papua bergabung di Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Hal itu bukti upaya Jokowi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.

Jokowi juga telah melakukan pembangunan infrastruktur, di antaranya pembangunan jalan Trans Papua, pembangunan bandara, pelabuhan hingga Jembatan Youtefa, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota di Kabupaten Merauke dan lain sebagainya.

Jokowi pun telah membuat Instruksi Presiden Nomor 09 Tahun 2020 tentang Percepatan Kesejahteraan di Papua dan Papua Barat.

"Pemerintahan Jokowi telah sangat baik membangun Papua sejahtera dan aman. Kami harap itu dapat dilanjutkan dan ditingkatkan oleh pemimpin berikutnya," harap Rahman.(chi/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemerintah Diminta Perluas Akses Informasi Akurat Tentang Produk Tembakau Alternatif


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler