Jokowi Ditawari Jadi Orang Betawi

Rabu, 21 November 2012 – 16:52 WIB
JAKARTA -Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Rabu (21/11) mengunjungi cagar budaya Betawi Setu Babakan. Mantan Walikota Solo ini terlihat menikmati setiap sajian khas betawi yang tersedia.

Jokowi menuturkan, makanan-makanan asli Betawi tersebut harus dilestarikan. Ia tidak ingin kuliner Betawi hilang di tengah serbuan kuliner daerah lain dan kuliner asing.

"Saya kan tadi mengatakan Jakarta itu pusat kebudayaan nusantara, pusat kebudayaan Indonesia, tetapi tuan rumahnya adalah Betawi," imbuhnya.

Ketua Dewan Pembina Badan Musyawarah (Bamus) Betawi Effendi Yusuf mengaku kagum dengan kepedulian Jokowi kepada budaya Betawi. Ia akan mengusulkan agar Bamus membaptis Jokowi menjadi orang Betawi.

"Saya sangat berterima kasih sekali dengan komitmen yang sudah disampaikan oleh Gubernur Jokowi. Mudah-mudahan ke depan, semua akan terealisir. Sehingga masyarakat Betawi menganggap Bang Jokowi ini adalah Joko Betawi. Pak Jokowi, Joko Betawi," ujar pria yang pada pilkada lalu mendukung Fauzi Bowo ini.

Jokowi sempat mencicipi beberapa kuliner khas Betawi. Mulai dari kue cucur hingga bir pletok dilahap pria yang akrab disapa Jokowi itu."Semuanya tak cicipin tadi, itu apa kerak telor nyicipi, saya kan seneng karena ada pedes-pedesnya gitu," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, semua hidangan yang ia cicipi rasanya nikmat. Ia bahkan sukses menghabiskan satu botol minuman khas Betawi yang dinamakan bir pletok. Jokowi menilai bir tak beralkohol yang dibuat dari berbagai macam rempah itu memiliki rasa yang unik."Enak ada sisi asemnya, ada sisi hangatnya, ada sisi pedasnya," ujar mantan Walikota Surakarta itu.(dil/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Demo Besar-Besaran, Lalin Seputar Monas Dialihkan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler