Jokowi Duduk Diapit Empat Pemimpin Negara Superpower

Minggu, 16 November 2014 – 07:40 WIB
Joko Widodo (kiri) dan Perdana Menteri Australia Tony Abbott (kanan) saat pertemuan bilateral di G20 Summit 2014. Foto: Reuters

jpnn.com - POPULARITAS Presiden Joko Widodo (Jokowi) di forum APEC awal pekan ini kembali terulang di G20. Ini terlihat dari penempatan posisi tempat duduk Jokowi yang menjadikannya terus mendapat sorotan utama.

 

Saat forum APEC di Beijing, Tiongkok, Jokowi diapit oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama. Nah, saat upacara penyambutan kepala negara dan pembukaan G20 kemarin, Jokowi diapit empat kepala negara superpower.

BACA JUGA: Server E-KTP di Medan Merdeka Utara, Bukan di Luar Negeri

Di samping kanannya, duduk Tony Abbott sebagai tuan rumah dan Obama. Sedangkan di kirinya duduk Perdana Menteri Inggris David Cameron dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

BACA JUGA: Agung Isyaratkan Sudah Siap Melawan Ical

Sepanjang pertunjukan budaya yang disajikan pemerintah Australia, Jokowi tampak beberapa kali berbincang akrab dengan Tony Abbott dan David Cameroon yang mengapitnya.

Memakai setelan jas berdasi merah, mantan walikota Solo dan gubernur Jakarta ini tampak percaya diri berada di tengah para pemimpin dunia.

BACA JUGA: Agung Minta Intimidasi Pengurus Daerah Disetop

Selain mengikuti agenda puncak G20, kemarin pagi Jokowi mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Italia Matteo Renzi. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyampaikan minat Indonesia untuk menjalin kerjasama ekonomi dengan Italia.

"Misalnya, dalam pengembangan industri kreatif seperti fashion dan industri kulit (sepatu, Red)," kata Jokowi.

Selama ini, Italia memang dikenal sebagai salah satu kiblat fashion global dengan Milan sebagai surga belanjanya para kaum jetset dunia. Selain fashion, Jokowi juga ingin menjalin kerjasama perdagangan kelapa sawit atau crude palm oil (CPO). "Kami ingin CPO Indonesia bisa masuk ke pasar Eropa," ucapnya.

Sementara itu, para pasangan kepala negara kemarin diajak berjalan-jalan ke pusat penangkaran koala di Line Pone Koala Sanctuary Brisbane. Dalam program Spouse Activity yang disiarkan langsung di layar International Media Center G20 tersebut, Iriana Widodo tampak membaur dengan para ibu negara lainnya.

Memakai kebaya warna merah, Iriana terlihat tersenyum lebar saat menggendong hewan lucu asli Australia tersebut. Namun, ibu dua putra dan satu putri ini tidak berani mendekat saat ditawari untuk menggendong ular sepanjang sekitar 2 meter.

Hari ini, para kepala negara kembali dijadwalkan untuk bertemu guna mematangkan agenda G20 dalam satu tahun ke depan. Acara puncak pertemuan G20 akan ditutup dengan pembacaan kesepakatan para kepala negara oleh Perdana Menteri Australia Tony Abbott. Presiden Jokowi sendiri rencananya akan langsung kembali ke Indonesia sore ini. (owi/sof)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Zulkifli Hasan Terancam Tuduhan Penyalahgunaan Wewenang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler