Jokowi Ingatkan Menterinya Waspadai Dinamika Ekonomi Dunia

Senin, 05 Maret 2018 – 18:05 WIB
Pak Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo memberikan peringatan kepada jajaran menterinya untuk mewaspadai dinamika ekonomi dunia yang sangat dinamis.

Hal tersebut disampaikan Presiden yang akrab disapa dengan panggilan Jokowi, ketika membuka Sidang Kabinet Paripurna membahas kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal Tahun 2019, serta kapasitas fiskal (Resources Envelopes) Tahun 2019.

BACA JUGA: Fahri Hamzah Minta Jokowi Tak Perlu Khawatir

“Sebelumnya saya ingin mengingatkan terkait dengan pelaksanaan APBN 2018 maupun juga rancangan APBN 2019, agar diwaspadai, diantisipasi mengenai dinamika ekonomi dunia yang terus bergerak sangat dinamis," ucap Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (5/3).

Beberapa hal yang perlu diwaspadai, menurut mantan gubernur DKI Jakarta ini, antara lain terkait suku bunga, komoditas, arus modal masuk arus modal keluar, hingga nilai tukar.

BACA JUGA: Anak Buah Prabowo Yakin Banget Jokowi Bakal Lengser 2019

“Karena itu semua dapat mempengaruhi perekonomian kita, dan mempengaruhi daya saing kita. Oleh sebab itu harus betul-betul diantisipasi," tegasnya.

Hal lain yang perlu diwaspadai adalah munculnya kecenderungan beberapa negara tujuan ekspor dalam menerapkan kebijakan perdagangan yang protektif, dan proteksionis, sehingga mengharuskan pemerintah memperkuat daya saing ekspor.

BACA JUGA: Gelar Rakernas, IKA PMII Bakal Bahas Pembangunan Ala Jokowi

Karena itu, suami Iriana ini mengingatkan kembali bahwa pasar-pasar alternatif untuk ekspor yang belum tergarap harus dikerjakan secara serius untuk perluasan pasar ekspor.(fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Fadli Zon Kritik Pertemuan Jokowi dengan PSI di Istana


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler