Jokowi Ingin Dana Desa Mampu Membuka Lapangan Kerja

Jumat, 03 November 2017 – 21:46 WIB
Presiden Joko Widodo. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan jajarannya untuk menjalankan program dana desa secara swakelola.

Salah satunya melalui program padat karya (cash for work) yang diluncurkan pemerintah untuk pembangunan infrastruktur fisik Tanah Air yang bersifat jangka pendek.

BACA JUGA: Jokowi Undang HIPKA Bahas Perkembangan Bangsa dan Ekonomi

Dalam rapat terbatas yang digelar di Kantor Presiden bersama sejumlah Menteri Kabinet Kerja pada Jumat (3/11), Presiden yang akrab disapa Jokowi memerintahkan jajarannya untuk terus memperkuat seluruh aspek yang mendukung jalannya program tersebut.

"Saya minta agar kementerian lembaga yang memiliki program di daerah atau di desa dikonsolidasikan lagi baik dari sisi perencanaan maupun dari sisi anggaran pembiayaan," pinta Jokowi.

BACA JUGA: Jokowi Setuju Beri Gelar Pahlawan untuk Pendiri HMI

Mantan gubernur DKI Jakarta itu juga meminta agar pemanfaatan dana desa diperkuat dengan program-program kementerian di daerah yang bisa mengembangkan sektor-sektor unggulan dan menjadi motor penggerak perekonomian nasional.

Mulai dari industri kecil-menengah, agro-bisnis, budi daya perikanan, dan program lain harus digerakkan.

BACA JUGA: Tol Becakayu Diyakini Bisa Dorong Investasi

Selain itu, adakan pelatihan dan pendampingan agar masyarakat di desa dapat menggali dan mengembangkan potensi-potensi yang ada di desanya masing-masing.

Fungsi pengawasan tidak lepas dari perhatian Kepala Negara.

Dia pun meminta agar daerah diberikan pengetahuan dan pelatihan terkait penyusunan laporan pertanggungjawaban, pedoman pelaksanaan, maupun petunjuk teknis yang jelas dan sederhana guna menjaga kualitas program dana desa.

Terakhir, dia kembali menyampaikan harapan agar pemanfaatan dana desa secara swakelola dapat membantu upaya pemerintah untuk menekan kemiskinan dan membuka lapangan pekerjaan.

"Dana yang mengalir semakin besar ke daerah/desa seharusnya bisa membuka lapangan kerja yang lebih luas dan mengentaskan kemiskinan," pungkas Jokowi.(fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dipimpin Mahfud MD, Tokoh-Tokoh KAHMI Sambangi Jokowi


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler