Jokowi-JK Harus Dekati Pendukung Prabowo yang Solid

Sabtu, 26 Juli 2014 – 13:54 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Capres Prabowo Subianto, bukan saja tetap menolak hasil Pilpres 2014, tetapi menjanjikan kepada para pendukungnya dan seluruh rakyat Indonesia bahwa beliau akan berjuang terus sampai titik darah penghabisan. 

Menurut pengamat politik, Muhammad AS Hikam, Prabowo sangat runtun dan sistematis memberikan paparan dalam pidato yang direkam dan disebarluaskan (klik disini), pada Jumat (25/7). 

BACA JUGA: KPU Jangan Anggap Sepi Gugatan Prabowo-Hatta

"Kesan saya, Prabowo akan melakukan perjuangan panjang kendati putusan MK tidak mengubah keputusan KPU yang menetapkan bahwa pasangan nomor 2 Jokowi-JK sebagai pemenang," tulis Hikam di halaman facebooknya.

Kata Hikam, implikasi politiknya tentu masih terlalu pagi untuk diprediksi. Namun jika pemerintahan baru nanti benar-benar dipimpin Jokowi-JK, maka harus memperhatikan secara sangat seksama. 

BACA JUGA: Anggota DPR Apresiasi Sidak KPK di Soekarno-Hatta

Yang jelas, lanjut dia, pesan Prabowo memiliki potensi memperkuat soliditas di kalangan kelompok pendukungnya baik di dalam maupun di luar parpol dan parlemen. Dengan demikian bisa mengakibatkan friksi atau gesekan, dan bahkan jika tak terkontrol dengan baik akan membesar. 

"Pemerintah baru dan masyarakat mesti mengupayakan pendekatan-pendekatan yang terukur dan efektif agar tidak mengakibatkan terganggunya kehidupan kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan," tutur Hikam.

BACA JUGA: Mudik, Dahlan Iskan Berburu Tiket Sejak H-14

Menurut Hikam, inilah ujian bagi demokrasi di Indonesia. Namun ia yakin rakyat Indonesia akan tetap tegar menghadapinya, serta akan lulus dengan baik. (rmo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... H-3 Pelabuhan Merak Seberangkan 137.582 Orang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler