Jokowi Minta HKTI Jangan Berbelok Arah, Harus Mendukung

Kamis, 21 Maret 2019 – 20:52 WIB
Presiden Jokowi berfoto bersama peserta Rakornas dan Diskusi Nasional HKTI, di halaman Istana Negara, Jakarta, Selasa (19/3) sore. Foto: Jay/Humas

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendorong para petani di sejumlah daerah tertentu untuk memilih rempah-rempah atau kopi sebagai komoditas utama selain padi dan jagung.

“Rempah-rempah sekarang sudah mulai ditinggalkan. Saya perintahkan kepada Menteri Pertanian rempah-rempah harus dimulai lagi ditanam,” kata Jokowi dalam rapat koordinasi dan diskusi nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) di Istana Negara beberapa hari yang lalu.

BACA JUGA: Gelar Program Gerai Usaha Melati, Pengusaha Muda Muhammadiyah Dukung Jokowi - Maruf

Jokowi mengingatkan, rempah-rempah merupakan kekuatan Indonesia sejak dulu. Bahkan bangsa Eropa harus berperang satu sama lain hanya untuk memperebutkan rempah-rempah Indonesia.

Namun, Jokowi heran sekarang jarang yang menanam rempah-rempah. Selain itu, juga tidak ada yang melakukan peremajaan. Nah, suami Iriana itu mengaku sudah memerintahkan penanaman rempah-rempah sejak tiga tahun yang lalu. Bibit-bibit yang diperlukan sudah mulai disiapkan.

BACA JUGA: Wali Kota Bogor Tak Mau Ucapkan Selamat Datang ke Presiden Jokowi

(Baca Juga: Wali Kota Bogor Tak Mau Ucapkan Selamat Datang ke Presiden Jokowi)

Dia berharap Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) turut mendukung program penanaman rempah-rempah ini. “Jangan berbelok arah. Nanti diambil oleh negara lain. Lada ini sudah diambil oleh Vietnam. Kita rajanya lada, jadi hati-hati mengenai ini,” tegas Jokowi.

BACA JUGA: Dukung Jokowi - Ma’ruf, Alumni Untar Ajak Masyarakat Tidak Golput

Dalam kesempatan itu hadir juga antara lain Mensesneg Pratikno, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Ketua Badan Pertimbangan HKTI Oesman Sapta dan jajaran pengurus HKTI. (fid/jay/es)

BACA ARTIKEL LAINNYA... FKK2I: Jokowi Dapat 2 Juta Suara Jika Angkat Honorer K2 Jadi PNS


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler