Jokowi Minta JICA Dukung Proyek-proyek Nasional

Rabu, 26 Juli 2017 – 17:16 WIB
Suasana pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Rabu (1/6). Proses konstruksi pembangunan MRT baru mencapai 40 persen dengan pekerjaan mencakup pemasangan box girder atau gelagar pada struktur layang MRT. Foto: Ismail/Indopos/JPNN.com Ilustrasi by: Ismail/Indopos

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Presiden Japan International Cooperation Agency (JICA) Shinichi Kitaoka di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (26/7).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang mendampingi Jokowi-sapaan presiden, mengatakan banyak program kerja sama yang dibahas oleh presiden dengan delegasi JICA.

BACA JUGA: Jokowi Lantik Pejabat Pengelola Keuangan Haji

Apalagi, JICA telah memberikan pendanaan dalam jumlah cukup besar untuk sejumlah proyek nasional.

Evaluasi atas kemajuan pekerjaannya telah dilaporkan presiden JICA kepada Jokowi.

BACA JUGA: Jokowi Ingatkan Para Menteri Fokus Entas Kemiskinan

Di antara proyek yang memperlihatkan kemajuan adalah kereta MRT (mass rapid transit) Jabodetabek, serta Pelabuhan Patimban, di Subang. Kemudian diutarakan juga rencana proyek kereta kecepatan sedang Jakarta-Surabaya.

"Presiden Jokowi meminta kepada JICA terus mendukung beberapa prioritas proyek nasional seperti penyediaan air bersih dan pengelolaan limbah air kotor seperti sanitasi," ujar Sri.

BACA JUGA: Ahmad Dhani Niat Sindir Jokowi, eh Begini Jadinya

Untuk proyek yang sedang berjalan, Jokowi meminta JICA meningkatkan ritme pekerjaannya.

Sehingga, manfaat yang diharapkan dapat segera dirasakan masyarakat.

Selain itu, sejumlah proyek strategis nasional yang ada di luar Jawa juga ditawarkan pemerintah kepada JICA, antara lain pembangunan tol Trans Sumatra maupun program di Indonesia Timur.

"Juga proyek-proyek air bersih dan juga pengelolaan sanitasi air kotor terutama di daerah-daerah yang masih tertinggal," tambah dia.(fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kata Bu Susi, Pak Jokowi gak Beri Arahan


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler