Jokowi Minta Penurunan Angka Stunting di Indonesia

Kamis, 05 April 2018 – 21:28 WIB
Presiden Joko Widodo saat memimpin ratas. Foto: Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan stunting atau gagal tumbuh merupakan ancaman utama terhadap kualitas manusia Indonesia.

Termasuk ancaman terhadap kemampuan daya saing bangsa.

BACA JUGA: Inisiatif DPR, Jokowi Minta RUU Ini Dikaji Terlebih Dahulu

Anak stunted, lanjut Presiden, tidak hanya secara fisik tumbuh pendek atau kerdil untuk usianya, tapi juga mengganggu perkembangan otaknya.

Bahkan juga akan memengaruhi daya serap dan prestasi di sekolah, produktivitas, dan kreativitas di usia-usia yang produktif.

BACA JUGA: KSP Itu Institusi Resmi Mata dan Telinga Presiden

Untuk itu, Presiden Jokowi menekankan, bahwa upaya penurunan angka stunting adalah kerja bersama yang harus melibatkan semua elemen masyarakat.

“Terutama ibu-ibu PKK dan juga perlu pengaktifan kembali secara maksimal fungsi-fungsi Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) di kampung, di desa-desa,” kata Presiden Jokowi saat memberikan pengantar pada Rapat Terbatas Tentang Penurunan Stunting, di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (5/4) siang.

BACA JUGA: Kevin dan Marcus: Presiden Jokowi Titip Gelar Asian Games

Presiden meminta supaya dibuatkan rencana aksi yang lebih terpadu, terintegrasi yang mempunyai dampak yang konkret di lapangan.

Bisa dimulai dari intervensi pada pola makan, pada pola asuh, dan juga yang berkaitan dengan sanitasi.

Dijelaskan Presiden, selama 3 tahun ini, pemerintah sudah membagi biskuit untuk ibu hamil dan balita.

Namun, menurut Presiden, itu belum cukup, perlu dilengkapi lagi dengan ikan, susu, telur, dan kacang hijau.

“Selain itu, sanitasi pelayanan dasar ketersediaan air bersih dan juga MCK (mandi, cuci, kakus) juga harus betul-betul kita perhatikan,” tutur Presiden.

Dia juga meminta jajaran kementerian mengedukasi publik dengan Gerakan Hidup Sehat harus lebih digencarkan lagi agar lingkungan tempat tumbuh kembang anak-anak menjadi sebuah lingkungan yang sehat.

Rapat terbatas itu dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko PMK Puan Maharani, Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana S. Yembise, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Desa dan PDDT Eko Sandjojo, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Selamat Paskah dari Presiden Jokowi untuk Umat Kristiani


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler