Hari Kesaktian Pancasila

Jokowi Pimpin Upacara, Puan Ucap Ikrar Setia Pancasila, Muhadjir Baca Doa

Kamis, 01 Oktober 2020 – 11:47 WIB
Presiden Joko Widodo memimpin Upacara Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Pondok Gede, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (1/10) pukul 07.45. Screenshot YouTube

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Kamis (1/10) pagi.

Upacara peringatan yang dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Pondok Gede, Jakarta Timur itu mengedepankan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti juga hadir dalam upacara itu.

BACA JUGA: Mendikbud Nadiem Makarim Bicara Hari Kesaktian Pancasila, Penuh Makna

Upacara itu juga diikuti secara virtual oleh para menteri, pimpinan lembaga negara, perwakilan Indonesia di luar negeri, hingga kepala daerah di Indonesia.

Protokol kesehatan diterapkan secara ketata pada upacara itu. Jarak antarorang di lokasi acara pun diatur.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila itu diawali dengan lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan para peserta upacara. Berikutnya, upacara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk para pahlawan.

Bambang Soesatyo lalu membacakan teks Pancasila. Setelah itu, La Nyalla membacakan naskah Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.

Adapun Puan Maharani membacakan ikrar dalam Upacara Hari Kesaktian Pancasila itu. Acara ditutup dengan doa yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy.(tan/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA JUGA: Makna Hari Kesaktian Pancasila Buat Ahok

BACA JUGA: Melihat Sejarah Langsung di Monumen Pancasila Sakti


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler