Jokowi Resmikan Proyek Rumah DP Satu Persen di Kaltim

Kamis, 13 Juli 2017 – 20:58 WIB
Presiden Jokowi meninjau proyek rumah murah dengan uang muka atau down payment (DP) 1 persen saat kunjungan kerjanya ke Balikpapan Utara, Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (13/7). Foto: Setpres RI

jpnn.com, BALIKPAPAN - Presiden Joko Widodo meninjau proyek rumah murah dengan uang muka atau down payment (DP) 1 persen saat kunjungan kerjanya ke Balikpapan Utara, Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (13/7).

Proyek tersebut merupakan komitmen pemerintah untuk mewujudkan program satu juta rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

BACA JUGA: Ini Tantangan untuk Jenderal Gatot Jika Mau Saingi Jokowi di Pilpres

"Ini perumahan yang disubsidi oleh pemerintah baik yang disubsidi uang muka maupun yang disubsidi bunga. Jadi ini rumah dengan DP satu persen betul-betul," kata Jokowi di sela-sela peninjauan.

Menurut Presiden, sebanyak 500 unit rumah tapak telah dibangun di proyek perumahan bernama Pesona Bukit Batuah ini. Total targetnya 4000 unit rumah.

BACA JUGA: Pak Jokowi Ingin Tol Balikpapan-Samarinda Tuntas Desember 2018

Harga rumah tersebut berkisar antara Rp 128-135 juta, dengan cicilan menyesuaikan hitungan lamanya kredit. Ada yang 10 tahun menyisil Rp 1,3 juta. Sedangkan 15 tahun Rp.1,050.000, dan 20 tahun Rp 780 ribuan.

“Ini perbulan. Jadi untuk masyarakat saya kira subsidi yang diberikan ini sangat membantu," jelasnya.

BACA JUGA: Jokowi: Ini Pekerjaan Pagi, Siang, Malam

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, program serupa juga ada dan akan dilaksanakan di berbagai kota di Indonesia.

Dalam proyek pengadaan rumah murah ini, pemerintah bekerja sama dengan Bank Tabungan Negara (BTN) sebagai BUMN yang khusus bergerak di bidang kredit kepemilikan rumah.(fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Tiga Kandidat yang Cocok Jadi Pendamping Jokowi


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler