Jokowi Segera Tertibkan PKL Terminal Blok M

Selasa, 08 Januari 2013 – 20:12 WIB
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sore tadi mengunjungi terminal Blok M, Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Kunjungannya ke terminal Blok M untuk melihat pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di area terminal bus kota itu.

Rencananya, para PKL di terminal Blok M akan ditata dan diberi tempat yang layak sehingga tidak mengganggu aktivitas lalu lintas di terminal. "Cari solusi. Ada usul-usul yang masuk ke saya, jadi saya perlu cek ke lapangan," kata Jokowi kepada wartawan, Selasa (8/1).

Dalam kunjungan itu Jokowi sempat berbincang-bincang mengenai rencana penataan terminal Blok M dengan para PKL. Jokowi juga terlihat beberapa kali terlibat perbincangan serius dengan para anak buahnya yang ikut dalam kegiatan blusukan tersebut. Jokowi didampingi oleh Asisten Sekretaris Daerah bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup Wiryatmoko, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Ratna Ningsih, Kepala Dinas Perhubungan Udar Pristono dan Wali Kota Jakarta Selatan Anas Effendy.

Jokowi mengatakan, rencana penataan terminal Blok M telah rampung dan saat ini tinggal menunggu pencairan dana. Menurutnya, sumber dana untuk penataan Terminal Blok M berasal dari APBD dan sumbangan swasta melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Pemprov DKI memang berencana untuk menata PKL se-Jakarta. Mereka akan diberi tempat di dalam pasar-pasar tradisional, mal dan gedung-gedung perkantoran. Untuk membujuk para PKL agar mau ditata, Jokowi akan memberi sewa tempat gratis selama 6 bulan pertama.

Dalam waktu dekat program penataan ini akan dilakukan terhadap para PKL di area sekitar Masjid Sunda Kelapa. Lokasi ini terletak hanya beberapa ratus meter dari rumah dinas Jokowi.

"Minggu ini kita resmikan di depan Sunda Kelapa. Kita berikan gerobaknya, meja dan kursi, intinya kita perbaiki atmosfer di sana," pungkas mantan Wali Kota Surakarta itu. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... HTI Minta Jokowi Hambat Perluasan Kantor Kedubes AS

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler