Jokowi Sesalkan Waduk Jatigede Terbengkalai sejak Era Soekarno

Kamis, 18 Juni 2015 – 11:48 WIB
Jokowi. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas khusus untuk membahas pembangunan Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang. Waduk ini dibahas khusus karena sudah terbengkelai pembangunannya sejak zaman Presiden Soekarno.

"Semua tahu bahwa Waduk Jatigede belum rampung sejak jaman Soekarno karena masalah pembebasan lahan yang tidak segera diputuskan," kata pria yang akrab disapa Jokowi itu saat membuka ratas di kantor kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/6).

BACA JUGA: Terancam Dicopot, Tiga Menteri Gelar Rapat

Jokowi meminta Kementerian PU segera menyelesaikan pembebasan lahan untuk pembangunan waduk tersebut. Pasalnya, waduk tersebut, kata dia, membawa banyak manfaat untuk warga sekitar.

"Pagi ini agar segera diputuskan mengenai pembebasan lahannya dan dampak sosialnya semua harus dikalkulasi," tegas Jokowi.

BACA JUGA: Revisi UU KPK, Johan: Kami Tidak Diajak Bicara

Sebagaimana diketahui waduk yang membendung Sungai Cimanuk itu direncanakan sejak zaman Hindia Belanda. Namun, ditentang warga sekitar. Baru pada tahun 1982 relokasi pembangunan waduk itu dilakukan untuk pertama kalinya. (flo/jpnn)

BACA JUGA: FHK2I Sebut Honorer K2 Asli tak Lebih 350 Ribu

BACA ARTIKEL LAINNYA... Klaim Magelang Bebas Honorer Bodong


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler