Jokowi Tanda Tangani Sampul Hari Pertama Raimuna 2017

Senin, 14 Agustus 2017 – 18:16 WIB
Kiri- kanan : Presiden Joko Widodo didampingi Pramono Anung, Rudiantara, Imam Nahrawi, dan Adhyaksa Dault saat menandatangani Sampul Peringatan Hari Pertama Raimuna Nasional XI 2017. Foto: Rusman/Biro Pers Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menandatangani Sampul Hari Pertama Raimuna Nasional 2017.

Pria yang karib disapa Jokowi itu didampingi Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Ketua Umum Gerakan Nasional Pramuka Adhyaksa Dault

BACA JUGA: Di Depan Jokowi, Adhyaksa Dault Perjelas Status Buperta Cibubur

Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka itu meminta anggota pramuka tidak hanya dilatih tali-temali.

Namun, anggota pramuka harus berpikir maju ke depan dan melakukan berbagai terobosan untuk mengantisipasi perubahaan global.

BACA JUGA: Jokowi: Gerakan Pramuka Harus Bikin Terobosan

"Pramuka atau Praja Muda Kirana adalah jiwa muda yang suka berkarya dan melakukan berbagai terobosan baru, tidak berpikir linier, tidak terjebak dalam rutinitas, tidak pragmatis dan monoton dan bertanggung jawab dalam menggunakan medsos (media sosial)," kata Presiden Jokowi saat membuka Raimuna Nasional XI 2017 sebagai rangkaian acara Hari Pramuka ke-56 di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Senin (14/8).

Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan juga Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri mengatakan, meski Pramuka telah berusia 56 tahun, tetapi harus tetap muda.

BACA JUGA: Sambangi Istana, Adhyaksa Curhat Soal Anggaran Pramuka

Dia menambahkan, generasi pramuka saat ini adalah generasi milenial, generasi Y, dan cara berpikirnya sangat berbeda dengan sebelumnya.

"Mereka adalah generasi adaptif dengan kemajuan teknologi, generasi yang sangat kreatif, generasi yang sangat inovatif. Saya meminta para pembina gerakan pramuka untuk selalu mendidik generasi muda anggota pramuka. Bukan saja latihan baris berbaris, cara membangun tenda, atau membuat simpul tali. Namun, juga harus memandu adik-adik pramuka dalam disiplin menggunakan media sosial yang positif dan yang produktif," kata Jokowi.

Gerakan Pramuka, menurut Jokowi, harus memakai cara-cara yang kreatif, kekinian, dan dekat dengan generasi milenial.

Hal itu untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air di dalam diri setiap anggota gerakan pramuka.

Selain itu, seluruh pihak harus meninggalkan pendekatan-pendekatan lama yang tidak pas digunakan untuk generasi saat ini.

"Sentuhlah rasa cinta, bangkitkan rasa bangga generasi muda pada tanah airnya sehingga benar-benar tertanam di dalam diri setiap anggota gerakan pramuka. Pramuka itu adalah generasi yang unggul, generasi yang hebat, generasi  petarung, generasi kreatif dan bukanlah generasi pecundang. Pramuka harus berani cinta tanah air dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Saya Pramuka. Saya Pancasila," tegas Jokowi.

Pada kesempatan itu, Direktur Ritel dan Sumber Daya Manusia PT Pos Indonesia Ira Puspadewi itu menjelaskan, Sampul Hari Pertama Raimuna adalah sesuatu yang sangat menggembirakan bagi Pos Indonesia.

Simbol-simbol kebangkitan Pramuka di zaman milenium tertuang di dalam SHP.

Hal itu sejalan dengan permintaan Jokowi agar Pramuka mampu mengantisipasi perubahan global.

"Ya, tentunya kami sangat senang. Menerbitkan SHP Raimuna adalah suatu kehormatan karena akan menjadi bagian sejarah tonggak penting menjaga relevansi Pramuka dengan zaman milenial," jelas Ira.

Sampul atau amplop yang diterbitkan oleh PT Pos Indonesia bersamaan dengan penerbitan suatu perangko baru.

Pada bagian depan amplop memuat gambar dengan tema Raimuna dan sesuai dengan perangko yang akan diterbitkan.

Hal ini akan membuat sampul hari pertama menjadi menarik dan layak dijadikan koleksi.

Selain karena bentuknya yang menarik, juga lantaran dicetak secara terbatas.

"Untuk Raimuna ini kami cetaknya sangat terbatas sekali. Hanya 12 lembar," tegas Ira. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Waah! Gibran Bela-belain Masak untuk Tamu Spesial Istana


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler