Jokowi Tantang Generasi Muda Lebih Berani Melaut

Senin, 08 Desember 2014 – 00:03 WIB
Jokowi tantang generasi muda lebih berani melaut. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo kembali menegaskan arah kebijakan pemerintahannya bakal lebih banyak memprioritaskan pengembangan dunia kemaritiman. Hal itu menurutnya, sejalan dengan lebih besarnya potensi kelautan nasional dibanding yang lain.

"Sudah saatnya kita memperluas riset tentang kelautan, LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) bagian Oseanografi sendiri sudah memiliki dua kapal riset yang relatif modern untuk penelitian laut dalam," kata Jokowi di halaman pribadinya, Ir H Joko Widodo, Minggu (7/12) malam.

BACA JUGA: Pemerintah Harus Serius Eksekusi Vonis Mati untuk Bandar Narkoba

Jokowi menjanjikan, fasilitas kapal riset itu akan semakin dikembangkan secara progresif untuk fasilitas sarana penelitian bagi para sarjana-sarjana oseanografi, dan bagi mereka yang berminat dalam penelitian dunia laut.

"Penelitian ini akan membuka wawasan bukan saja kekayaan ekonomi lautan kita, tapi juga pengetahuan oseanografi," tuturnya.

BACA JUGA: Honorer Ancam Tutup Semua Akses Menuju Jakarta

Presiden juga berharap, masyarakat umum semakin sadar dan bangkit untuk mencintai laut. "Mulailah generasi muda wisata pesisir, mengenali Indonesia, berani melaut, juga berani berbisnis dalam dunia kelautan, sehingga kekayaan laut kita bisa dimanfaatkan secara optimal," tulisnya.

Jokowi juga menilai, Indonesia masih perlu banyak sarjana-sarjana kelautan, pebisnis-pebisnis muda yang mengerti prospek industri kelautan. "Kita juga masih perlu para pendidik-pendidik yang mencerahkan betapa laut adalah masa depan Indonesia," pungkas presiden. (adk/jpnn)

BACA JUGA: Bamsoet Minta Pemerintah Kosisten soal Hukuman Mati bagi Napi Narkoba

BACA ARTIKEL LAINNYA... Agung Laksono Cs Ingin Bubarkan KMP, Prabowo Ngakak


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler