JOSS! Pak Wali Kota Nggak Malu Bersihkan Sampah

Senin, 17 April 2017 – 01:20 WIB
GELORAKAN KEBERSAMAAN: Wali Kota Rizal Effendi membantu warga Perumahan Atas Air membersihkan sampah plastik, Sabtu (15/4). FOTO: APRI/BALIKPAPAN POS/JPNN

jpnn.com, BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan menggelar aksi bersih-bersih di Perumahan Atas Air, Sabtu (15/4).

Personel TNI, Polri, Forum Peduli Laut dan Pesisir, karang taruna, PKK Kecamatan Balikpapan Barat, dan warga berpartisipasi dalam acara itu.

BACA JUGA: Luhut: Ikan-ikan Sudah Mulai Makan Plastik

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dan Wakil Wali Kota Rahmad Mas'ud juga terjun ke lapangan.

"Gerakan masyarakat ini dalam rangka menjadikan kota kita agar tetap bersih. Tidak menjadi bencana hanya dikarenakan masalah sampah ini," ujar Rizal.

BACA JUGA: Bang Sandi Ajak Warga DKI Meniru Kiprah Ratu Sampah

Menurutnya, pembersihan laut dan pesisir pantai harus dilakukan setiap saat.

Dia menilai, gerakan bersih-bersih pantai itu bisa membangkitkan kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah ke laut.

BACA JUGA: JOOSSS!!! Target Bebas Sampah pada 2020

"Tidak semua sampah ini ini dari masyarakat Balikpapan Barat, karena ini pesisir sampah bisa dari mana-mana. Bisa dari luar daerah dan sampah ini sudah berhari-hari. Kami membangkitkan kesadaran mereka, karena mereka juga menjadi korban sampah. Makanya kami terus sosialisasikan agar tidak membuang sampah di laut agar masyarakat juga peduli," ungkapnya.

Sementara itu, Camat Balikpapan Barat Suhardi mengatakan, gerakan bersih-bersih itu kembali digalakkan sejak terbentuknya Forum PLP Pesisir lima bulan lalu.

 "Selama berdiri Forum PLP Pesisir ini sudah mencacah sampah plastik sampai lima ton. Selain di perairan, kami juga melakukan pencacahan di sekolah-sekolah," sebut Suhardi. (pri/rus)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Banyak Sampah di Pantai Bali, Bu Susi Punya Cara Jitu


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
sampah  

Terpopuler