Jual Sayur Nyambi Jual Senpi

Rabu, 29 Februari 2012 – 09:05 WIB

PALEMBANG--Subdit I Ditreskrimum Polda Sumsel pimpinan AKBP Syafe’i Yahya, membongkar sindikat jual beli senpi antar propinsi, yakni Sumsel dan Jabar. Bahkan, dua tersangka yang merupakan pasutri, diamankan Senin (27/02), sekitar pukul 22.00 WIB, di Kampung I, Desa Tugumulyo, Kecamatan Lempuing, OKI.

Kedua tersangka itu, Fujok (57) dan istrinya Rupi (50), warga setempat. Rupanya, selain berprofesi sebagai penjual sayur, keduanya juga berdagang senpi. dari keduanya disita barang bukti sepucuk senpi jenis FN brouwing hight otomatic caliber 9 mm lengkap dengan 20 butir amunisi aktif dalam kotak khusus dan sepucuk senpi jenis revolver 6 silinder 3,8 mm berikut 8 butir amunisi aktif.

Senpi FN disita saat tersangka Fujok hendak transaksi dengan pembeli. Sedangkan senpi revolver yang diketahui pegangan tersangka Rupi, diamankan di dalam lemari pakaian kamar tidur keduanya. ‘’Awalnya kita melakukan transaksi dengan tersangka Fujok. FN disita dari tangan Fujok saat transaksi,” kata Wadirreskrimum Polda Sumsel AKBP Imam Syachroni.

Dijelaskannya, dari keterangan tersangka, senpi jenis FN tersebut sudah beredar lebih kurang 6 sampai 7 pucuk  di Kabupaten OKI. Fujok menjual senpi tersebut, sepucuknya seharga Rp 6-7 juta. ‘’Sudah 7 pucuk senpi jenis FN yang beredar dan dijual tersangka,” jelas Imam.

Senpi-senpi itu dipasok dari Bandung, sebelumnya di pesan oleh tersangka, kemudian dipasarkan ke daerah Sumsel. Terkait masalah pengiriman, Imam mengatakan sejauh ini pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut. ‘’Diproduksi di Bandung dan pasarkan di Sumsel, itu dari pengakuan tersangka. Senpi jenis FN dijual Rp 6-7 juta perunitnya, sedangkan senpi laras pendek Rp 1,5-2 juta,” ujarnya.

Lebih lanjut Imam mengungkapkan, disinyalir senpi-senpi yang sudah beredar, digunakan untuk perampokan. Sementara senpi jenis revolver tersebut pegangan tersangka Rupi. “Dari pengakuannya, senpi itu untuk pegangan tersangka Rupi. Kini kasusnya masih dalam pengembangan lebih Lanjut,” terang Imam. (cr04)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Kabur Dimarahi Ibu, Siswi SMP Diperkosa


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler