Jubir Sebut Pengamanan JK Bukan Otoritas Kapolda Jambi, Tetapi Paspampres

Senin, 20 Februari 2023 – 19:09 WIB
Ilustrasi - Jusuf Kalla. Foto: Arsip JPNN.Com/Aristo Setiawan

jpnn.com, JAKARTA - Juru bicara Jusuf Kalla (JK), Husain Abdullah mengklarifikasi adanya informasi salah satu agenda Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono ke Kerinci untuk mengamankan kegiatan eks wakil presiden itu.

Menurutnya, JK mengundang Kapolda Jambi bukan dalam kapasitas sebagai pengamanan, melainkan undangan.

BACA JUGA: Kapolda Jambi ke Kerinci Bukan untuk Pengamanan Jusuf Kalla

"Pak JK memang melakukan kunjungan ke PLTA Kerinci di Jambi. Untuk itu, mengundang Gubernur Jambi dan Kapolda setempat untuk bersama sama meninjau, karena PLTA proyek strategis nasional," kata Husain Abdullah dalam keterangannya, Senin (20/2).

Dia menerangkan proyek energi terbarukan oleh pemerintah itu diharapkan terjadi percepatan dalam penyelesaiannya.

BACA JUGA: Lihat, Begini Kondisi Kapolda Jambi Setelah Helikopter yang Ditumpangi Kecelakaan

Ia menjelaskan kegiatan pengamanan JK baik di dalam maupun di luar negeri semua dalam otoritas Paspampres, yakni Paspampres Grup D.

"Adapun kaitannya dengan institusi lain termasuk kepolisian atau TNI biasanya bersifat koordinasi saja," kata dia.

BACA JUGA: Tim Evakuasi Temukan Lokasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono

Untuk itu, Husain meluruskan jika perjalanan helikopter Kapolda Jambi dalam kapasitas sebagai undangan JK bukan pengamanan.

"Untuk pengamanan Pak JK baik di dalam maupun di luar negeri berada dalam otoritas Paspampres group D. Adapun institusi lain biasanya hanya bersifat koordinasi saja, tidak ada korelasi langsung dengan kedatangan JK hari ini di Kerinci," katanya.

Husain menjelaskan bahwa kunjungan JK ke Jambi pada Senin 20 Februari 2023 untuk mengunjungi PLTA Kerinci di Jambi. JK mengundang Gubernur Jambi, Al-Haris dan Kapolda Jambi untuk meninjau proyek PLTA Kerinci yang merupakan bagian dari proyek strategis nasional.

Husain mengatakan terkait perjalanan Kapolda Jambi beserta rombongan juga dalam rangka peresmian Sentra Pelayanan Polres Kerinci.

"Kebetulan di saat yang sama Kapolda Jambi akan meresmikan Sentra Pelayanan Terpadu Polres Kerinci. Sebagai pejabat Kapolda yang baru, beliau sekalian rencana menghadiri undangan tersebut menyertai Gubernur Jambi ke PLTA Kerinci" kata dia.

Dia juga menjelaskan bahwa pada awalnya Kapolda Jambi dijadwalkan untuk berangkat bersama rombongan dari Jakarta pada Senin (20/2).

Namun, Kapolda Jambi memutuskan berangkat sendiri karena adanya kegiatan lain.

Atas musibah kecelakaan helikopter yang dialami Kapolda Jambi di Hutan Kerinci, Husain menyampaikan JK merasa prihatin dan berharap semua korban luka dapat segera pulih kembali.

"Pak JK menyampaikan rasa prihatin yang mendalam atas musibah tersebut. Dan berharap semua korban segera pulih serta kembali beraktivitas," ujarnya. (Antara/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Helikopter Kapolda Jambi Kecelakaan, Wakil Ketua MPR Minta Prioritaskan Keselamatan Korban


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler