Jumlah Penumpang di Bandara SAMS Turun 24,22 Persen

Sabtu, 09 Maret 2019 – 08:16 WIB
Beberapa tenant di ruang tunggu Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS), Sepinggan tampak tutup baru-baru ini. Foto: ANGGI PRADITHA/KALTIM POST/JPNN.com

jpnn.com, BALIKPAPAN - Jumlah penumpang di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, tergerus akibat beroperasinya Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto, Samarinda.

PT Angkasa Pura I Bandara SAMS mencatat pada periode Januari-Februari 2019, ada penurunan penumpang hingga 24,22 persen.

BACA JUGA: Benarkah LRT Palembang Sepi Penumpang?

General Manager PT Angkasa Pura I Balikpapan Farid Indra Nugraha mengatakan, jumlah penumpang pada Januari–Februari 2019 hanya sebanyak 897.829 orang. Turun drastis jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 1.184.744 penumpang.

Tak hanya penumpang, pergerakan pesawat pada periode tersebut juga turun. Yakni sebanyak 9.231 penerbangan atau turun hingga 13,77 persen. Tahun lalu di periode yang sama sebanyak 10.705 penerbangan. Begitupun untuk kargo, turun 17,14 persen. Tahun ini hanya sebesar 8.383.900 kg, sementara pada 2018 di periode yang sama sebanyak 10.188.123 kg.

BACA JUGA: Jumlah Penumpang Pesawat Menyusut juga karena Tol Trans Jawa?

BACA JUGA: Jumlah Penumpang Pesawat Menyusut juga karena Tol Trans Jawa?

Untuk meningkatkan kinerja dan jumlah penumpang, perseroan pelat merah ini berencana mengembangkan rute baru yang potensial.

BACA JUGA: 2 Penerbangan Kembali Mengudara dari dan ke Bandara Pranoto

“Dari berbagai bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I juga tercatat penurunan pertumbuhan di low season ini. Ada banyak faktor ya. Salah satunya harga tiket pesawat yang sedang naik,” ujarnya, seperti diberitakan Kaltim Post (Jawa Pos Group).

Ia menjelaskan, penurunan penumpang juga dipengaruhi beralihnya penumpang ke Bandara APT Pranoto, Samarinda. Selain masyarakat Samarinda, penumpang dari Kutai Timur, Bontang, dan Kutai Kartanegara juga memilih memanfaatkan bandara yang baru diresmikan tahun lalu tersebut. Akibatnya beberapa rute dari Bandara SAMS Sepinggan tidak beroperasi.

Dia mengungkapkan, berbagai upaya telah dilakukan dengan mengajak berbagai stakeholder membuka rute baru. Baik dalam maupun luar negeri guna mempertahankan atau meningkatkan kunjungan.

“Sebagai pihak bandara, kami akan coba mencari partner di Tiongkok untuk diajak kerja sama membuka jalur baru dari Tiongkok dan umrah, agar bisa menjadi andalan dari Bandara Sepinggan melihat fasilitas serta panjang runway sudah memadai,” ujarnya.

BACA JUGA: Kronologis Penumpang Garuda Kabur, Sembunyi, Dikepung

Branch Manager Lion Air Group Balikpapan Achmad Affandi mengatakan, pihaknya mengakui adanya penurunan jumlah penumpang. Lion Air Group pun telah membuka rute dari Samarinda.

“Jadi memang ada pemecahan penumpang pesawat terbang. Saat ini kami juga masih melakukan pembukaan rute baru dari Samarinda,” ungkapnya.

Ia tidak menyebutkan berapa jumlah penurunan. Namun, ia memastikan sekarang ini penumpang terpecah yang dari utara banyak memilih dari Samarinda dan Balikpapan juga punya pangsa sendiri. (aji/ndu/k15)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Giliran Batik Air Buka Rute Jakarta - Samarinda


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler