Jurnal by Mekari Mudahkan Perusahaan Kelola Laporan Kas Masuk dan Keluar

Rabu, 31 Agustus 2022 – 13:33 WIB
Jurnal by Mekari hadir sebagai solusi automasi berbasis cloud yang terlengkap dan terintegrasi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas berbagai operasional bisnis. Foto: Jurnal by Mekari

jpnn.com, JAKARTA - Pebisnis harus memahami cara membuat laporan kas masuk dan keluar dan membacanya dengan baik. 

Dengan begitu, seorang pebisnis bisa mengevaluasi bisnis yang dijalan apakah sudah menguntungkan atau belum.

BACA JUGA: 5 Software Akuntansi Terbaik bagi Perusahaan, Nomor 1 Banyak Fitur Menarik

Laporan kas masuk dan keluar merupakan catatan yang memuat informasi terkait pengeluaran dan pemasukan sebuah bisnis selama satu periode. 

Untuk dapat menjaga stabilitas keuangan, perusahaan perlu memiliki laporan pencatatan semua kegiatan transaksi yang dilakukan.

BACA JUGA: Job Fair Kembali Hadir, Para Pencari Kerja Siap-Siap ya, Ini Lokasi dan Waktunya

Laporan tersebut perlu dibuat setiap periode sehingga dapat dievaluasi dengan lebih mudah. 

Dengan adanya informasi terperinci terkait kas masuk dan keluar, pemilik bisnis dapat mengevaluasi struktur keuangan, termasuk likuiditas, solvabilitas, hingga aktiva bersih perusahaan.

BACA JUGA: Chelsea Terkapar di Stadion St Marys, Tragis!

Perusahaan perlu memiliki laporan kas masuk dan keluar. Dengan begitu, perusahaan bisa melihat berbagai komponen yang dibutuhkan untuk perencanaan bisnis.

Jadi, perusahaan wajib memiliki laporan yang berisi cash flow perusahaan. Simak tujuan pembuatan laporan cash flow sebagai berikut.

Dalam sebuah perusahaan, tentu terdapat beberapa divisi yang mengelola operasionalnya. Keterkaitan kerja sama antara setiap divisi tentu harus diperiksa secara berkala agar bisa mengetahui tingkat kualitasnya.

Melalui laporan cash flow, hal tersebut dapat dilakukan secara mudah sehingga pemilik perusahaan tidak perlu lagi mengecek satu per satu aspek dari setiap divisi.

Dengan begitu laporan ini juga bisa digunakan sebagai dasar perubahan kebijakan yang mungkin akan dilakukan di masa mendatang.

Laporan cash flow berisi sejumlah informasi yang memiliki peranan sangat penting dan dapat mempengaruhi dalam pengambilan sebuah keputusan. Dengan adanya data laporan, dasar pengambilan keputusan bisa memiliki arahan yang jelas.

Dengan begitu pemilik perusahaan bisa melakukan pertimbangan secara tepat untuk menyusun strategi selanjutnya.

Pemilik perusahaan bisa melihat laporan cash flow dan melakukan analisa guna membuat keputusan. Kondisi keuangan perusahaan akan terlihat jelas melalui laporan sehingga pertimbangan bisa dilakukan dengan mudah dan sesuai.

Informasi laporan cash flow dibuat sesuai dengan prinsip keuangan yang didalamnya terdapat informasi terkait pengeluaran dan pendapatan. Semua aktivitas yang berkaitan dengan kategori tersebut akan dijabarkan secara terperinci sehingga arusnya dapat terlihat dengan jelas.

Dengan begitu perusahaan bisa melakukan analisa secara mudah dan mampu menentukan strategi keuangan untuk masa yang akan datang.

Pembuatan laporan kas masuk dan keluar dapat memberikan beberapa manfaat untuk perusahaan. Hal tersebut tentu akan berkaitan erat dengan penyusunan strategi bisnis di masa yang akan datang. Selain itu, laporan cash flow dapat memberikan beberapa manfaat seperti di bawah ini.

Adanya laporan cash flow dapat membantu perusahaan mengetahui kemampuannya dalam berbagai aspek, salah satunya adalah aspek operasional.

Melalui informasi laporan, perusahaan bisa mengetahui kemampuannya untuk membayar gaji karyawan, membayar dividen, dan lain sebagainya.

Laba bersih bisa diketahui dengan melihat kas masuk dan keluar yang masuk dan keluar. Semua informasi tersebut bisa ditemukan dengan mudah pada laporan cash flow.

Seluruh kegiatan terkait operasional perusahaan akan dimasukkan ke dalam laporan cash flow sehingga pemilih perusahaan bisa mengetahui berapa jumlah pemasukan dan pengeluaran.

Dengan adanya laporan tersebut, perusahaan bisa mengetahui berapa jumlah laba bersih pada periode tertentu.

Laporan cash flow dapat membantu perusahaan untuk mengetahui secara lebih terperinci tentang kemampuan dalam menghasilkan kas masuk dan keluar. Hal ini tentu akan memiliki peranan penting karena akan menjadi sumber operasional perusahaan.

Selain itu, kas masuk dan keluar mampu memberikan informasi tentang Kesehatan keuangan perusahaan. Data tersebut bisa digunakan untuk menyimpulkan apakah perusahaan telah mengalami kemajuan atau belum.

Jika masih belum bisa meraih hasil, laporan cash flow bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki sistem kerja perusahaan.

Adanya berbagai manfaat membuat laporan cash flow memiliki peranan yang sangat penting bagi perusahaan. Dengan adanya laporan tersebut, kondisi perusahaan bisa diketahui secara lebih terperinci. Hal tersebut akan menjadi dasar penyusunan langkah di masa mendatang.

Terdapat beberapa data yang bisa didapatkan dari laporan kas masuk dan keluar yaitu seperti cash flow dari berbagai aktivitas perusahaan. Dengan adanya data tersebut, perusahaan bisa melakukan evaluasi dan menilai kinerja yang sudah dibangun dalam periode tertentu.

Nantinya data tersebut akan dibandingkan dengan periode sebelumnya untuk dapat mengetahui peningkatan atau penurunan aktivitas yang dilakukan. Hal ini bisa dijadikan sebagai acuan untuk menyusun strategi baru untuk menghadapi kondisi pasar yang kian berkembang.

Dengan penyusunan strategi yang lebih matang, produk yang ditawarkan bisa semakin dikenal secara luas dan perusahaan mampu meningkatkan jumlah penjualan produk secara signifikan. Kas yang berasal dari aktivitas operasional dapat dibandingkan dengan laba bersih perusahaan untuk menghitung laba.

Jika kas yang berasal dari aktivitas operasional lebih tinggi dari laba bersih, maka laba bisa dikatakan berkualitas tinggi. Laporan tersebut berguna bagi investor karena dianggap bagus.

Hal tersebut memungkinkan investor untuk dapat mengetahui alur kas keluar dan masuk perusahaan secara keseluruhan. Dengan begitu investor bisa dengan mudah mengetahui kinerja dari perusahaan tersebut.

Apabila perusahaan mendanai kerugian pembiayaan investasi dengan mengumpulkan uang yang berasal dari hutang atau ekuitas, maka laporan cash flow dapat memberikan informasi secara lebih jelas.

Laporan kas masuk dan keluar bukan hanya bermanfaat untuk memudahkan proses pengecekan kas pada periode tertentu saja. Namun juga bisa dijadikan sebagai dasar prediksi dari ketidakpastian kesehatan keuangan suatu bisnis di masa yang akan datang.

Kelola Laporan Kas Masuk dan Keluar Jadi Mudah dengan Jurnal by Mekari

Jurnal by Mekari adalah aplikasi kas masuk dan keluar terdepan yang menyediakan solusi automasi bisnis berbasis cloud untuk mendukung perkembangan berbagai bisnis di Indonesia, dari kecil sampai besar, melalui penggunaan teknologi.

Jurnal by Mekari hadir sebagai solusi automasi berbasis cloud yang terlengkap dan terintegrasi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas berbagai operasional bisnis.

Misalnya, pengelolaan HR, akuntansi, perpajakan, benefit, komunikasi, dan customer relations. Saat ini Jurnal by Mekari telah dipercaya oleh 35.000 di lebih dari 20 kota dengan jumlah pengguna 450 ribu pengguna. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler