Jurnalis Fest 2023: 200 Kilogram Sayur Terjual, Booth Desa Kertawangi Jadi Favorit

Minggu, 26 Februari 2023 – 22:55 WIB
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid bersama Pembina Jurnalis Indonesia Peduli (JIP) Pratama Dahlian Persadha dan Tole Sutrisno serta Ketua Panitia Jurnalis Fest 2023, Johanes Odja berkeliling meninjau bazar Jurnalis Fest 2023. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, DEPOK - Mata hari belum terlalu tinggi, tetapi suasana di Bazar Jurnalis Fest 2023 yang digelar di Taman Pemuda Pratama, Tanah Baru, Depok, Jawa Barat, Sabtu (25/2) sudah ramai didatangi warga.

Para pengunjung yang diketahui merupakan warga sekitar taman wisata itu berkeliling dari satu booth ke booth lainnya.

BACA JUGA: Gelar Bazar di Sarinah, BTN Dukung Program Belanja Produk UMKM

Mereka mencicipi berbagai panganan, di antaranya dimsum, bakso milik Sedulur, aneka olahan ayam dari Chicken Chapter dan olahan ikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Ada pula yang sarapan dengan berbagai macam olahan bebek dan ayam ungkep di booth Kadai Madam Nurizza.

BACA JUGA: Sukarelawan Sandiaga Gelar Bazar Sembako Murah di Jakarta Barat

Namun, di antara belasan booth yang hadir dalam Bazar Jurnalis Fest 2023, booth Desa Kertawangi asal Kabupaten Barat yang menjadi favorit warga, khususnya para ibu.

Mereka mengerubungi booth Desa Kertawangi untuk membeli beraneka macam sayur mayur dan buah segar.

BACA JUGA: Kajol Dukung Ganjar Gelar Bazar Oli Murah Untuk Diver Ojol di Bogor

Sejumlah sayuran yang diborong di antaranya jeruk lemon, brokoli, pakcoy, jamur dan lainnya.

Alasan para ibu ramai memborong sayur mayur dan buah lantaran harga yang sangat murah.

Seperti jeruk lemon yang seharga Rp 55.000 per kilogram di pasaran hanya dijual seharga Rp 20.000 per dua kilogram.

Begitu juga dengan brokoli yang dipasarkan seharga Rp 30.000 per kilogram hanya dipatok seharga Rp 20.000 per dua kilogram.

"Alhamdulillah 200 kilogram sayur mayur dan buah habis semuanya, maaf untuk yang nggak kebagian," ungkap Kepala Desa Kertawangi, Yanto Bin Surya pada Sabtu (25/2/2023).

"Kalau mau nggak kehabisan, mending datang langsung aja atuh ke Desa Wisata Kertawangi, kita punya Big Farmer, bisa wisata agro, masyarakat bisa lihat semua proses tani, mulai dari bibit disemai sampai panen sayuran. Pasti seru," ujar pria yang akrab disapa Kang Ewon itu.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid bersama Pembina Jurnalis Indonesia Peduli (JIP) Pratama Dahlian Persadha dan Tole Sutrisno serta Ketua Panitia Jurnalis Fest 2023, Johanes Odja berkeliling meninjau bazar Jurnalis Fest 2023.

Mereka berbincang dengan para pelaku UMKM sekaligus berbelanja di sejumlah booth UMKM.

"Saya mengapresiasi kegiatan Jurnalist Fest yang diadakan JIP. Penting menurut saya, ini langkah yang menunjukkan keteladanan, di mana saat ini Indonesia memang membutuhkan kebersamaan sekaligus kepedulian. Jurnalist Fest ini berkontribusi menggerakkan ekonomi untuk kembali bergairah di masa sehabis pandemi," ujar Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid di lokasi, Sabtu (25/2).

Jazilul berharap kegiatan yang melibatkan UMKM rutin digelar di daerah-daerah untuk meningkatkan kepercayaan diri para pelaku usaha yang sempat mengalami pasang surut akibat pandemi Covid-19.

Menurutnya, UMKM selama ini berperan sangat penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Saat ini masyarakat setelah ditimpa pandemi mulai bangkit, sudah mulai ada keberanian untuk menggerakan ekonomi. JIP memberikan contoh kepada masyarakat, bagaimana bersama-sama membangun gotong royong untuk Indonesia lebih maju, lebih baik," urainya.

Sementara itu, Pratama mengungkap, Bazar Jurnalist Fest 2023 merupakan rangkaian Jurnalist Fest 2023 yang diselenggarakan JIP dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN).

Bazar yang berlangsung selama dua hari, yakni 24 dan 25 Februari 2023 itu diungkapkannya merupakan wujud kepedulian para jurnalis kepada para pelaku UMKM.

Kepedulian para jurnalis pun didukung banyak pihak, antara lain MIND.id, BNI, Semen Indonesia, PLN, dan Hutama Karya.

Kemudian Pertamina Hulu Energy, Pertamina Patra Niaga, The Purnomo Yusgiantoro Centre.

Selanjutnya, Kemenparekraf, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Lembaga Riset Siber CISSReC, dan TA Pro Music dan Publishing.

"JIP harus menjadi contoh terhadap jurnalis yang lain, bahwa kita ini butuh jurnalis yang peduli terhadap Indonesia. Di sini jurnalis selain sebagai pilar demokrasi, juga mampu berkontribusi membuat Indonesia lebih baik," ungkap Pratama.

"Dengan berbagai macam cara tentunya, seperti berkolaborasi dengan berbagai macam komunitas jurnalis, melakukan pelatihan, melakukan kegiatan sosial di masyarakat dan kegiatan lainnya," tambahnya.

Selain Bazar, JIP sebelumnya menggelar pelatihan jurnalistik dasar dan konten kreatif yang diikuti oleh 60 organisasi relawan SAR se-Jabodetabek di Taman Pemuda Pratama pada Jumat (24/2/2023).

Puluhan anggota relawan SAR yang hadir katanya diberikan pembekalan mengenai teknik dasar jurnalistik, mulai dari pengambilan foto dan video hingga penulisan laporan dokumentasi.

"Dalam rangkaian berikutnya, JIP juga menggelar aneka lomba, mulai dari lomba mancing, lomba tenis meja, lomba paint ball sampai lomba karaoke. Serunya, perlombaan ini diikuti 14 forum dan komunitas jurnalis se-Jabodetabek dengan total peserta minimal 140 orang," ungkap Pratama.

Berbagai forum dan komunitas jurnalis yang hadir antara lain, Kontributor Jakarta Raya, Forum Wartawan Polri, Forum Wartawan Hiburan, Seputar Jurnalis FC.

Selanjutnya, Forum BUMN, Pokja Wartawan Depok, Pokja Wartawan Bekasi, Pokja Wartawan Bogor, Jurnalis Mountain Bike.

Kemudian, Pewarta Foto Indonesia, Jurnalis 4x4, Forum Wartawan Parlemen DPR/MPR RI, Pokja Tangerang Kota dan Jurnalis Cross. (dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler