Jurus Hadapi Stres di Kantor

Kamis, 01 Maret 2012 – 12:46 WIB

MENURUT penelitian, persentase tingkat stres di kalangan pekerja saat berada di kantor mereka, menunjukan angka yang cukup tinggi. Di Amerika saja, sebuah studi menemukan pekerja yang stres mencapai 40 persen.

Padahal stres di tempat kerja, bisa berakibat pada kesehatan. Berbagai penyakit akan muncul, mulai dari yang relatif biasa seperti flu hingga penyakit yang cukup berat seperti jantung. Bahkan stres di kalangan pekerja bisa mempengaruhi metabolisme tubuh.

Lalu apa solusi menghadapinya? dikutip dari laman about.com, pekerja aktif hanya perlu adopsi beberapa strategi sederhana untuk menghadapi stres di tempat kerja. Berikut beberapa sarannya;

Mulailah dengan pagi tanpa stres. Bila awal hari anda sudah di mulai dengan stres, maka sepanjang hari kemungkinan akan mengalami stres di kantor. Selalulah bangun tidur dan berangkat kerja dengan berpikir positif.

Lakukan pekerjaan dengan enjoy. Kelelahan kerja ditambah beban secara mental, akan menambah potensi stres. Jika atasan dirasa memberikan beban stres, maka beri ruang untuk sesaat keluar kantor dan kembali lagi dengan perasaan yang lebih tenang.

Jangan pernah mau berlama-lama dalam sebuah konflik. Karena berpotensi pada penurunan kesehatan fisik dan emosional. Hindari konflik dengan rekan kerja apalagi dengan atasan. Bila perlu jangan banyak berbicara jika memang konflik bisa timbul karenanya. Humor adalah salah satu cara mencairkan suasana konflik di kantor.

Agar beban kerja tidak menjadi pemicu stres, rencanakanlah program kerja dengan sebaik mungkin sejak jauh hari. Buat perencanaan yang matang, sehingga deadline kerja tidak berpengaruh pada pikiran.

Buatlah diri anda senyaman mungkin, meski secara fisik anda tertekan. Jika perlu tinggalkan kursi kerja untuk beberapa menit guna mengurangi rasa stres. Pergilah ke ruangan yang lebih nyaman, sehingga saat kembali anda lebih merasa fresh.

Guna mengurangi stres juga bisa dengan buat janji makan siang bersama rekan-rekan di luar kantor. Bila waktu memang memungkinkan, makan siang dapat sangat membantu apalagi bila bertemu orang-orang dengan obrolan di luar pekerjaan. Suasana hati biasanya akan jauh lebih baik.

Jurus yang simple mengurangi stres di tempat kerja adalah dengan mendengarkan musik. Lagu kesukaan anda adalah cara mudah mengurangi tekanan kerja. Tentunya untuk didengarkan sendiri dan membuat anda merasa nyaman kembali.(afz/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Penderita Kusta di Indonesia Nomor Tiga Dunia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler