Jurus Ridwan Kamil Hadapi Omicron di Jabar

Minggu, 19 Desember 2021 – 16:55 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri acara Indonesia Pasti Bisa dengan tema 'Terima Kasih Nakes' di Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor, Sabtu (18/12). Foto: Humas Pemprov Jabar

jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil punya sejumlah jurus dalam mengantisipasi penyebaran varian baru Covid-19, Omicon di Jabar.

Kiat-kiat yang disiapkan ialah dengan menyiapkan instrumen penanganan kesehatan yang sama seperti yang dilakukan Jabar ketika menangani varian Delta beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Yang Punya Anak Perempuan Kejadian Ini Harus jadi Pelajaran, Jangan Lengah

"Dulu Delta terdeteksi di Karawang, menyebar dengan cepat. Oleh karena itu kami belajar dari Delta. Per hari ini Jabar sedang menyiapkan semua perlengkapan seperti menghadapi virus Delta," kata Emil -sapaan Ridwan Kamil- dalam keterangan resminya, Minggu (19/12).

Selain itu, Emil melanjutkan, pihaknya juga mendapatkan dukungan dari komunitas Indonesia Pasti Bisa untuk memperkuat stok tabung oksigen.

BACA JUGA: Kebakaran Melanda Gedung Universitas PGRI Ngagel Surabaya, Ada yang Terluka

Pemerintah juga tak henti menggenjot 3T, yakni telusur, tes dan tindak lanjut.

"Jadi tabung oksigen kami cek lagi alhamdulilah ada stok lebih banyak dari Indonesia Pasti Bisa, kemudian testing dan tracing ditingkatkan lagi," ujarnya.

Kata Emil, per Sabtu kemarin, capaian Jabar dalam hal testing sudah tiga kali lipat.

"Tetapi apa pun ada kelebihannya dari persiapan kami, yakni waktu Delta vaksinnya sedikit jadi kekebalannya rendah dan yang meninggal di Jabar adalah mereka yang tidak divaksin," kata eks wali kota Bandung itu.

Emil mengungkapkan, capaian vaksinasi di Jabar untuk tahap pertama sudah menyentuh angka 70 persen. Sehingga hal tersebut dapat membentuk kekebalan komunal dalam menghadapi varian Omicron.

"Kalau sekarang kan Jabar capaian vaksinnya sudah 70 persen tahap pertamanya, jadi jauh lebih baik," ujar dia.

Walaupun varian Omicron sudah terdeteksi di Jakarta, Emil meminta masyarakat untuk tetap produktif dan mengetatkan protokol kesehatan.

"Kepada masyarakat mari tetap produktif apa pun sebenarnya boleh, asalkan prokes aja. Mau judulnya tadi macam-macam nama virusnya jawabannya adalah prokes untuk masyarakat, untuk negara adalah gencar 3T," katanya.

"Jadi saya kira itu saja persiapannya. Insyaallah jauh lebih siap," kata Emil. (mcr27/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler