K-Content BizWeek 2023 Sukses Pertemukan Pelaku Industri Kreatif dari 5 Negara

Jumat, 23 Juni 2023 – 21:17 WIB
Korea Creative Content Agency (KOCCA) Indonesia sukses menggelar acara KOR-ASEAN K-Content BizWeek 2023 pada 20-22 Juni 2023 di Hotel Sheraton Grand Jakarta. Foto: Dok. Kocca

jpnn.com, JAKARTA - Korea Creative Content Agency (KOCCA) Indonesia sukses menggelar acara KOR-ASEAN K-Content BizWeek 2023 pada 20-22 Juni 2023 di Hotel Sheraton Grand Jakarta.

Tujuan acara tersebut untuk mempertemukan para pelaku usaha industri kreatif lima negara Asia seperti, Korea Selatan, Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Filipina.

BACA JUGA: Hadir di Jakarta Fair 2023, Suzuki Bawa Lini Produk Unggulan dan Promo

Sebanyak 28 perusahaan asal Korea Selatan yang bergerak di industri broadcasting, animation/character licensing, game/platform menghadiri pertemuan bisnis secara tatap muka/offline setelah acara yang sama pada tahun lalu diselenggarakan secara hybrid.

Acara KOR-ASEAN K-Content BizWeek 2023 dibuka oleh Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, H. E. Lee Sang Deok.

BACA JUGA: 10 Makanan dan Minuman Ini Baik untuk Kesehatan Jantung

Sebagian besar perusahaan yang bergerak di bidang animasi hadir seperti, The Pinkfong Company dengan produk unggulan Baby Shark dan PinkFong, ICONIX dengan dua produknya yang terkenal, yaitu Pororo The Little Penguin dan Tayo The Little Bus.

Selain itu, perusahaan stasiun televisi ternama seperti MBC, SBS, KBS, dan CJ ENM, juga turut berpartisipasi pada acara tersebut.

BACA JUGA: Bernadya Buktikan Kualitas Lewat Mini Album Terlintas

KOR-ASEAN K-Content BizWeek 2023 juga dibuka sesi Project Pitch bertajuk Made in Korea: The Next Licensing Hit.

Tujuannya yakni untuk memberikan kesempatan pada perusahaan Korea mempresentasikan produk dan bisnisnya.

Tidak hanya itu, tersedia pula booth konsultasi bisnis dan tour area pameran KOREA 360.

KOR-ASEAN K-Content BizWeek 2023 berhasil membuat lebih dari 500 meeting serta melahirkan tujuh kerja sama dan MoU.

Antara lain, Dofala (Korea Selatan) dengan PT Royal Kreasi Cemerlang (Indonesia), Ace Edu (Korea Selatan) dengan PT Cerdas Digital Nusantara (Indonesia), Arimoa (Korea Selatan) dengan Vidio (Indonesia), Qgames (Korea Selatan) dengan PT Nuon Digital Indonesia (Indonesia) dan Roi visual (Korea Selatan) dengan PT Metropolitan Televisindo (Indonesia).

"Acara ini membantu perusahaan konten kreatif di ASEAN untuk sama-sama berkembang mengingat 3 tahun belakangan transaksi bisnis industri kreatif menurun akibat pandemi," kata Direktur Korea Creative Content Agency (KOCCA) Indonesia, Kim Young Soo dalam keterangan resmi.

Adapum Korea Creative Content Agency atau KOCCA merupakan lembaga di bawah Kementerian Budaya, Olahraga, dan Pariwisata Republik Korea.

Lembaga itu dibentuk untuk mendukung perkembangan konten kreatif Korea baik secara domestik maupun secara global.

Cabang KOCCA di Indonesia didirikan pada Oktober 2016, merupakan kantor perwakilan pertama yang didirikan di Asia Tenggara.

KOCCA Indonesia berperan dalam mempromosikan serta meningkatkan kerja sama industri kreatif Korea yang luas, seperti broadcasting, animasi, musik, fashion, komik, game, character, serta cultural technology dan start up.

 (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler