Kabar Baik untuk Petani Udang Indonesia, Ada Pakan Harvestar dari Cargill

Senin, 04 Mei 2020 – 22:33 WIB
Produk pakan untuk petani udang lokal Indonesia. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Cargill mengumumkan peluncuran produk Harvestar®, pakan udang pertama yang ditawarkan oleh bisnis Cargill Aqua Nutrition (CQN) di Indonesia.

Pada 24 April 2020, Cargill mengirimkan produk Harvestar pertama dari pabrik CQN di Serang, Banten kepada para pelanggan pertamanya yang berlokasi di Lampung, Sumatera Selatan, dan Jawa Barat.

BACA JUGA: Bea Cukai Ambon Lepas Ekspor Udang Pertama dari Maluku

"Keahlian Cargill Aqua Nutrition dalam rantai pasokan global dan manajemen risiko memungkinkan kami untuk menawarkan nilai tambah kepada pelanggan kami melalui produksi pakan berkualitas tinggi dan distribusi yang efisien,” kata Sarawoot (Pop) Chittratanawat, Direktur Pelaksana Cargill Aqua Nutrition, Malaysia & Indonesia.

Dia mengatakan, dalam lingkungan bisnis yang tidak menentu ini, Cargill berkomitmen untuk tetap melayani Indonesia sebagai bagian dari peran dalam rantai pasokan makanan esensial.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Sebaiknya Potong Gaji atau Tunjangan PNS? Najwa Shihab vs DPR

"Inilah cara kami membantu petani meningkatkan produktivitas yang keberlanjutan, dan juga kesehatan, dan kesejahteraan hewan mereka," imbuhnya.

Peresmian peluncuran produk Harverstar dilakukan melalui pertemuan daring konferensi video yang dihadiri oleh Direktur Pakan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

BACA JUGA: Penuhi Permintaan Pasar Asia, Cargill Luncurkan Protein Kacang Polong Radipure

Peluncuran ini dilakukan sesuai dengan pedoman tanggapan COVID-19 yang disediakan oleh pemerintah Indonesia di mana protokol kesehatan dilakukan.

“Kementerian Kelautan dan Perikanan mengapresiasi kerja sama dan komitmen Cargill untuk mendukung program pemerintah, terutama dalam bisnis aqua nutrition. Harvestar secara resmi terdaftar di Indonesia sejak 2019 dan dari pengujian yang kami lakukan, terbukti formula ini memiliki kinerja yang baik. Kementerian Kelautan dan Perikanan mendukung Cargill memasuki industri udang di Indonesia melalui produk Harvestar. Kami berharap Cargill akan terus memperluas portofolio udang dan mendukung budidaya udang di Indonesia untuk jangka panjang,” ujar Direktur Pakan dan Obat Ikan, Mimid Abdul Hamid.


Peternak udang dewasa ini di Indonesia dihadapkan pada harga yang berfluktuasi, pakan mahal dan permintaan yang meningkat.

Tim CQN di Indonesia melihat tantangan ini dan melalui keahliannya di seluruh dunia, mengembangkan produk Harvestar untuk memenuhi kebutuhan petani lokal akan pakan udang yang lebih efisien dengan hasil udang yang lebih banyak.

Pakan udang Harvestar yang diformulasikan untuk udang Vannamei dengan bahan baku berkualitas premium dan imunostimulan untuk meningkatkan tingkat kelangsungan hidup udang.

Desain produk, yang mencakup formulasi untuk tahapan kehidupan udang yang berbeda, memanfaatkan keahlian global Cargill dan teknologi ekstrusi untuk kinerja
pakan yang lebih baik.

Dalam uji coba produk, Harvestar menunjukkan rasio konversi pakan 1,3, yang lebih baik daripada rata-rata industri 1,4 dan 1,6 yang dihasilkan dari
umpan lain di pasar.

Cargill Aqua Nutrition berupaya menawarkan nutrisi yang tepat untuk mendukung pertumbuhan udang yang lebih sehat, membantu melayani kebutuhan produsen dan konsumen.

Rohidin, seorang petani udang dari Subang, Jawa Barat yang merupakan salah satu pelanggan Harvestar pertama Cargill di Indonesia, mengaku senang setelah mendapatkan pengiriman pertamanya

“Saya sudah membudidayakan udang selama hampir 4 tahun. Saya senang bisa mencoba produk baru dari Cargill, karena Cargill memiliki reputasi dalam menghasilkan pakan yang berkualitas baik. Sekarang setelah mereka memasuki arena pakan udang, saya yakin Harvestar akan menjadi produk berkualitas bagus yang bisa membantu meningkatkan kesehatan dan berat udang saya, yang pada akhirnya akan membantu meningkatkan hasil panen saya dan juga penghasilan saya," tutur Rohidin. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler