Kabar Gembira untuk Warga Jatim soal Kasus COVID-19, Alhamdulillah

Kamis, 26 Agustus 2021 – 11:29 WIB
Peta sebaran zonasi Covid-19 di Jawa Timur. Foto: Dok. Kominfo Jatim.

jpnn.com, SURABAYA - Kasus penyebaran Covid-19 di wilayah Jawa Timur (Jatim) kembali mengalami penurunan. Berdasarkan peta risiko penyebaran corona per Rabu (25/8), menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. 

Dari peta zonasi penyebaran COVID-19, terlihat sudah banyak wilayah yang masuk ke zona oranye dan kuning.

"Alhamdulillah, penanganan Covid-19 di Jatim menunjukkan hasil yang signifikan," kata Juru Bicara Rumpun Kuratif Satgas Penanganan Covid-19 Jatim, dr Makhyan Jibril Al-Farabi, Kamis (26/8).

Jibril mengatakan pada pekan lalu zona merah masih ada di 15 wilayah. Saat ini tersisa empat daerah saja yaitu di Blitar, Ponorogo, Nganjuk, dan Kota Batu.

Untuk zona kuning antara lain Tuban, Pamekasan, Situbondo, Sampang, Sumenep, Kota Pasuruan, Lamongan, Bojonegoro, dan Bangkalan.

"Zona kuning awalnya satu sekarang naik menjadi sembilan," ujar dia.

Selanjutnya untuk zona oranye sebanyak 25 kabupaten/kota mulai dari Kota Malang, Kota Madiun, Kota Mojokerto, Kota Blitar, Kota Probolinggo, Kota Kediri, Jombang, Madiun, Trenggalek, Ngawi. 

Kemudian Gresik, Surabaya, Bondowoso, Pasuruan, Probolinggo, Mojokerto, Kediri, Malang, Sidoarjo, Banyuwangi, Lumajang, Jember, Magetan, Pacitan, dan Tulungagung. 

Nah, salah satu indikator turunnya kasus COVID-19 yaitu terlihat dari Bed Occupancy Rate (BOR) atau rata-rata keterisian tempat tidur di rumah sakit. 

Per 3 Juli 2021 BOR ICU mencapai 78 persen, Rabu (2/8) menjadi 51 persen. Selanjutnya BOR isolasi 81 persen menjadi 29 persen. 

"BOR RS Darurat 69 persen menjadi 28 persen," beber dia.

Meski ada penurunan kasus, dr Makhyan Jibril Al-Farabi mengingatkan masyarakat agar tetap patuh dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

"Harapannya tidak boleh lengah, karena ini upaya yang baik sinergi pemerintah masyarakat Polri TNI maupun pelaku pelaku usaha. Semoga bisa dipertahankan," pungkas Jibril. (mcr12/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA JUGA: Proses Penangkapan Buron Kasus Korupsi Bank Jatim Sungguh Unik


Redaktur : Soetomo
Reporter : Arry Saputra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler