Kabut Asap Karhutla Bikin Kualitas Udara tidak Sehat, Pemkot Pontianak Terapkan Belajar Online

Rabu, 16 Agustus 2023 – 13:56 WIB
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono (ANTARA/Prokopim PTK)

jpnn.com - PONTIANAK - Kualitas udara di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, dan sekitarnya masuk kategori tidak sehat karena kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat, menerapkan kebijakan belajar secara online dari umah bagi siswa dan siswi TK, SD, SMP.

BACA JUGA: Herman Deru dan Wamen LHK Bahas Antisipasi El Nino dan Karhutla

Kebijakan itu ditempuh karena kualitas udara yang tidak sehat yang disebabkan kabut asap akibat karhutla.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor  421/4572/DIKBUD tanggal 15 Agustus 2023 yang ditandatangani oleh Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono.

BACA JUGA: Kabut Asap di Waykanan Lampung Kian Pekat

"Kebijakan tersebut dikeluarkan lantaran kualitas udara di Kota Pontianak masuk kategori tidak sehat akibat asap yang ditimbulkan dari kebakaran hutan dan lahan," kata Edi Kamtono.

Menurut Edi, pembelajaran secara online bagi siswa dan siswi TK, SD, hingga SMP, itu terhitung mulai Rabu 16 Agustus 2023, sampai dengan adanya pemberitahuan selanjutnya.

BACA JUGA: Sinotif Usung Belajar Online Rasa Tatap Muka

Edi meminta para orang tua mengawasi anak-anaknya untuk mengikuti pembelajaran dari rumah.

Selain itu, dia juga meminta para orang tua harus mengawasi anak-anak agar tidak bermain di luar rumah.

"Kami minta para orang tua mengawasi anak-anaknya tidak ke luar rumah dan mengenakan masker selama beraktivitas di luar rumah," ungkap Edi.

Edi mengatakan pelaksanaan proses belajar mengajar secara online itu akan diawasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak.

Oleh karena itu, kepala sekolah dan guru diminta untuk melaksanakan kebijakan ini, agar proses belajar mengajar tetap berjalan sebagaimana mestinya.

"Meskipun siswa tidak hadir di sekolah, kami harapkan proses belajar mengajar tetap berlangsung secara online," katanya.

Berdasarkan update laporan kualitas udara beberapa hari terakhir dari alat Air Quality Monitoring System (AQMS) serta data dari Analisis Prospek Cuaca Kalbar BMKG Supadio Pontianak, kualitas udara di Pontianak dan sekitarnya masuk kategori tidak sehat. (antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler